Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro: Smartwatch Android Terbaik

Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro
Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro
Sumber :
  • Google Image

Olret – Pasar untuk jam tangan pintar yang dibuat untuk bekerja dengan smartphone Android cukup besar, terutama dengan masuknya merek yang relatif baru seperti Oppo dan OnePlus. Merek lain seperti Fossil dan Amazfit telah ada selama beberapa waktu, dan juga memiliki kehadiran yang kuat.

Namun, satu nama menonjol karena sejumlah alasan, dengan kehadiran yang mapan di ruang jam tangan pintar kelas atas — Samsung. Perusahaan Korea Selatan baru-baru ini meluncurkan jam tangan pintar terbarunya di India, Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro.

Harga di Rs. 27.999 dan Rs. 44.999 dan seterusnya untuk Samsung Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro, masing-masing, jam tangan pintar ini dibuat untuk digunakan dengan smartphone Android, dan menjanjikan kinerja dan fitur kelas unggulan.

Dengan sistem operasi Samsung One UI Watch 4.5 berbasis Google Wear OS 3.5, dan serangkaian spesifikasi yang mengesankan, apakah ini jam tangan pintar terbaik yang dapat dibeli oleh pengguna ponsel pintar Android saat ini? Cari tahu di ulasan ini.

Samsung Galaxy Watch 5, harga dan varian Galaxy Watch 5 Pro

Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro

Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro

Photo :
  • Google Image

Samsung Galaxy Watch 5 tersedia dalam dua varian ukuran. Varian 40mm dibanderol dengan harga Rs. 27.999 untuk versi Bluetooth saja, dan Rs. 32.999 untuk versi LTE. Varian 44mm dibanderol dengan harga Rs. 30.999 untuk versi Bluetooth saja, dan Rs. 35.999 untuk versi LTE.

Samsung Galaxy Watch 5 Pro yang lebih mahal tersedia dalam satu varian ukuran 45mm, dengan versi khusus Bluetooth dengan harga Rs. 44.999, dan versi LTE dengan harga Rs. 49.999. Samsung mengirim varian LTE top-end dari kedua jam tangan pintar kepada saya untuk ulasan ini.

Desain dan spesifikasi Samsung Galaxy Watch 5, Galaxy Watch 5 Pro

Desain dan spesifikasi Samsung Galaxy Watch 5

Desain dan spesifikasi Samsung Galaxy Watch 5

Photo :
  • Google Image

Perbedaan terbesar antara Samsung Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro terletak pada kualitas desain dan build. Samsung Galaxy Watch 5 (44mm) hanya sedikit lebih kecil dari Galaxy Watch 5 Pro, dan memiliki layar Super AMOLED 1,4 inci dengan resolusi 450x450 piksel. Meskipun ukuran layar dan resolusinya sama pada Watch 5 Pro, tombolnya sedikit lebih besar dan casingnya jauh lebih tebal.

Galaxy Watch 5 Pro juga sedikit lebih berat pada 46,5g, dibandingkan dengan Watch 5 yang berbobot 33,5g. Ini banyak berkaitan dengan bahan yang digunakan; versi Pro memiliki casing titanium, sedangkan Watch 5 memiliki casing aluminium.

Sementara Galaxy Watch 5 lebih ringan dan sedikit lebih nyaman, Watch 5 Pro terasa jauh lebih kokoh dan premium, dan dibuat untuk menahan benturan dan penggunaan yang kasar.

Samsung Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro keduanya memiliki dua tombol fisik dan mikrofon di sisi kanan, sedangkan sisi kiri memiliki kisi-kisi speaker di dekat bagian bawah. Bagian bawah kedua jam tangan serupa dengan sensor optik untuk pelacakan kesehatan dan kebugaran, meskipun lapisan plastiknya berbeda pada kedua jam tangan pintar. Kedua jam tangan pintar memiliki peringkat 5ATM untuk ketahanan air.

Perubahan besar pada Samsung Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro adalah penghilangan bezel berputar, yang populer di perangkat Galaxy Watch sebelumnya. Ini diganti dengan bezel 'digital' yang memiliki fungsi menggulir yang sama; menjalankan jari Anda di sepanjang tepi layar memungkinkan Anda menggulir dengan cepat, dan jam tangan bahkan memberikan beberapa umpan balik haptic untuk meniru perasaan rotasi fisik.

Kedua jam tangan pintar memiliki tali silikon 20mm yang dapat diganti, dan menurut saya, tali yang disertakan sangat ideal untuk digunakan dengan perangkat karena seberapa baik mereka menyatu dengan bentuk dial dan lug.

Samsung Galaxy Watch 5 memiliki metode pemasangan berbasis gesper sederhana, sedangkan Galaxy Watch 5 Pro memiliki gesper magnetik yang lebih rumit dan tidak mudah disesuaikan. Yang terakhir terasa lebih bagus dan memang lebih mudah digunakan setelah disesuaikan dengan benar, tetapi menyesuaikan kekencangan itu sendiri membutuhkan lebih banyak usaha, dan menemukan pengaturan yang tepat bisa jadi rumit.

Dalam hal spesifikasi, kedua jam tangan menggunakan Bluetooth 5.2 untuk konektivitas, dan ditenagai oleh prosesor dual-core 1,18GHz yang tidak ditentukan, dengan RAM 1,5GB dan penyimpanan internal 16GB (7,5GB di antaranya dapat diakses pengguna).

Ada juga konektivitas Wi-Fi dual-band, GPS, dan NFC untuk fungsi konektivitas tambahan. Samsung Galaxy Watch 5 memiliki baterai 410mAh, sedangkan Watch 5 Pro memiliki baterai 590mAh yang lebih besar.

Samsung Galaxy Watch 5, perangkat lunak, antarmuka, dan aplikasi Galaxy Watch 5 Pro

Kemitraan perangkat lunak Samsung dan Google untuk perangkat yang dapat dikenakan bukanlah hal baru, tetapi kami melihat beberapa peningkatan pada Galaxy Watch 5 dan Galaxy Watch 5 Pro dibandingkan dengan Samsung Galaxy Watch 4 Classic. Perangkat baru menjalankan Wear OS 3.5, tetapi seperti sebelumnya, ada antarmuka pengguna OneUI Watch 4.5 Samsung di atasnya.

Sistem ini memerlukan penggunaan aplikasi Galaxy Wearable untuk mengatur dan mengelola koneksi antara smartphone dan jam tangan pintar, bukan aplikasi Wear OS. Selain itu, ini juga membatasi Samsung Galaxy Watch 5 dan Watch 5 Pro untuk digunakan hanya dengan perangkat Android; aplikasi yang diperlukan tidak tersedia di iOS, tidak seperti aplikasi Wear OS.

Di sisi lain, ini membedakan Samsung Galaxy Watch 5 dan Watch 5 Pro dari sebagian besar perangkat Wear OS saat ini, dengan cara yang baik. Perangkat ini menggabungkan bagian terbaik dari kedua platform — dukungan aplikasi yang luas dan rangkaian aplikasi Google yang sangat baik untuk jam tangan pintar, bersama dengan antarmuka pengguna yang tampak bagus dan nyaman, disempurnakan selama bertahun-tahun pengembangan, oleh Samsung.

Kinerja Samsung Galaxy Watch 5, Galaxy Watch 5 Pro, dan masa pakai baterai

Seperti perangkat kelas atas lainnya dalam kisaran harga premium, Samsung Galaxy Watch 5 dan Watch 5 Pro adalah jam tangan pintar yang tepat, menawarkan pengalaman menyeluruh dan konektivitas lengkap. Ini termasuk aplikasi mandiri dengan fungsionalitas penuh, kemampuan untuk melakukan dan menerima panggilan menggunakan Bluetooth, Wi-Fi, atau LTE, dan kemampuan untuk menanggapi beberapa notifikasi langsung dari jam tangan pintar itu sendiri.

Semua ini bekerja seperti yang diharapkan, dengan Galaxy Watch 5 dan Watch 5 Pro berfungsi sebagai perangkat lengkap yang dikenakan di pergelangan tangan dengan kemampuan independen, bukan hanya cermin untuk layar ponsel cerdas Anda dengan beberapa aplikasi sederhana bawaan (yang cenderung dimiliki oleh jam tangan paling terjangkau. menjadi). Konektivitas stabil, dan semua fungsi utama bekerja tanpa masalah.