Viral Cairan Infus Digunakan Sebagai Toner Untuk Redakan Jerawat di Wajah, Begini Kata Dokter

Cairan infus
Sumber :
  • Unsplash/Dimitri Karestelev

Olret – Akhir-akhir ini, di platorm Tiktok, viral video seorang wanita yang mengenakan cairan infus (NaCl) sebagai toner wajah. Video yang dapat ditonton di akun Tiktok Lenny Official ini telah mengumpulkan 9 juta views, 233 ribu lebih likes, 8 ribu komentar dan telah dibagikan sebanyak 25 ribu kali oleh pengguna Tiktok lain.

5 Drama Thailand yang VIral di Juli 2024, My Love Mix-Up! Hingga The Rebound

Lenny mengatakan, awalnya ia membeli cairan infus tersebut untuk keperluan luka anak, namun kebetulan anaknya sudah sembuh dan akhirnya ia menggunakan infus tersebut sebagai pengganti toner wajah.

Pemilik akun itu juga mengakui kemerahan dan bruntusan di wajahnya berangsur membaik setelah mengganti toner dengan cairan infus.

Lantas, video tersebut pun menjadi viral bahkan diikuti oleh beberapa pengguna Tiktok yang membuat konten serupa hingga mengundang banyak komentar warganet yang mempertanyakan apakah cairan infus aman digunakan di kulit, terutama wajah? Mengingat kulit wajah memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi dibanding kulit bagian lain.

Video yang kontroversial tersebut itu kemudian banyak di-stitch oleh dokter yang aktif memberikan edukasi di Tiktok, salah satunya dr. Abelina Dini Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS.

Melalui akun Tiktok-nya (@doctor.incognito_99), dokter, model, sekaligus beauty influencer yang akrab disapa dr. Abel itu mengatakan bahwa pengaplikasian cairan infus sebagai toner memang dapat membantu meredakan kemerahan dan jerawat, tapi hanya sesaat.

Langganan Para Gadis, Pedagang Tampan Ini Viral Dengan Mie Pok

Dia juga menambahkan, penggunaan cairan infus sebagai toner untuk jangka panjang sangat tidak direkomendasikan karena dikhawatirkan dapat merusak skin barrier serta mengiritasi kulit.

Terakhir, ia menutup videonya dengan mengatakan, “Kesimpulannya, nggak worth it. Kecuali kalian FOMO, silakan, sih. Nggak bahaya-bahaya banget. Tapi, kalau kalian udah punya skincare yang bagus, nggak usah FOMO.”

Gadis Dengan Pakaian Seksi di Kereta Viral di Media Sosial

Senada dengan yang disampaikan dr. Abel, dr. Bella Louisa juga berpendapat demikian. Melalui kanal Tiktok resminya (@dr.bellalouisa), mengatakan, “Menurutku, cairan NaCl dapat membantu membersihkan kotoran dari wajah sehingga aman digunakan. Tapi, belum bisa menggantikan fungsi toner itu sendiri karena tidak memiliki bahan aktif yang sesuai dengan kondisi kulit.”

Ia juga menambahkan bahwa cairan NaCl tidak bisa menyembuhkan jerawat, karena jerawat sendiri disebabkan oleh bakteri.

Itu tadi penjelasan dokter mengenai cairan infus yang dijadikan toner. Semoga bermanfaat!