9 Tips Penurunan Berat Badan Terbaik untuk Gaya Hidup Sehat

Tips Penurunan Berat Badan Terbaik
Tips Penurunan Berat Badan Terbaik
Sumber :
  • U-Repot

Olret – Apakah Anda frustrasi tentang kenaikan berat badan tetapi tidak tahu alasan di baliknya? Anda tentu tidak sendirian. Sementara memanjakan diri secara berlebihan seringkali merupakan elemen paling penting yang mengarah pada penambahan berat badan, variabel lain, seperti stres, tahapan kehidupan, pekerjaan, dan bahkan jenis kelamin, semuanya berperan.

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak tidak diragukan lagi merupakan penyebab utama kenaikan berat badan dan penyakit kronis. Selain itu, obesitas adalah rumah bagi banyak masalah kesehatan. Tetapi alasan mengapa Anda menambah berat badan bisa sangat bervariasi.

Dan memiliki tips penurunan berat badan utama dan wawasan tentang penambahan berat badan di usia 30-an akan membantu Anda kembali ke jalur semula.

Membedakan Penurunan Berat Badan dan Penambahan Berat Badan pada Pria dan Wanita

Tips Penurunan Berat Badan Terbaik

Tips Penurunan Berat Badan Terbaik

Photo :
  • U-Repot

Anatomi kita berbeda; fisiologi berbeda, dan begitu pula tindakan kita. Tetapi apakah perbedaan ini juga tercermin dalam kapasitas kita untuk menambah atau menurunkan berat badan? Jika Anda menjawab ya, Anda benar.

Seharusnya cukup untuk mengatakan bahwa tubuh wanita menyimpan lemak berbeda dari pria. Misalnya, wanita cenderung menyimpan lemak di sekitar paha dan pinggul. Sedangkan pria cenderung memiliki lemak perut yang lebih signifikan. Dengan mengetahui hal ini, kita dapat menargetkan area penurunan berat badan.

Pria memiliki total massa otot yang lebih tinggi, sedangkan wanita memiliki total lemak tubuh yang lebih besar daripada rekan-rekan mereka. Sebagai contoh, seorang wanita akan memiliki lebih banyak lemak daripada pria untuk BMI (indeks massa tubuh) yang sama. Pria dan wanita berbeda bahkan pada tingkat lemak tubuh yang sehat.

Berikut 9 cara menurunkan berat badan yang sehat

1. Makan Makanan Rumahan

spesies salmon yang dapat dimakan

spesies salmon yang dapat dimakan

Photo :
  • -

Tato ini di pikiranmu. Lagi pula, apa yang bisa lebih sehat daripada makanan yang disiapkan di rumah? Makanan yang seimbang sempurna mengandung semua makronutrien dan memenuhi kebutuhan hariannya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda, tingkat rasa kenyang Anda meningkat, dan Anda tidak menginginkan hal yang tidak perlu. Ini berarti Anda tidak akan mengonsumsi kalori ekstra, dan Anda akhirnya akan mulai menurunkan berat badan.

2. Hindari Makan Berlebihan

Apakah Anda sering menemukan diri Anda binging pada camilan favorit Anda? Anda mungkin akan terus makan tanpa menyadari bahwa Anda akan segera mencapai bagian bawah paket.

Makanan kemasan mengandung begitu banyak kalori dan rendah mikro. Oleh karena itu, itu tidak dapat membuat Anda kenyang lebih lama, dan Anda merasa lapar lagi dalam waktu singkat. Belum lagi kalori kosong yang Anda konsumsi. Jika Anda terus binging, Anda akan segera melihat berat badan Anda turun.

3. Jangan Melakukan Diet Terbatas

Pembatasan tidak membantu dalam penurunan berat badan dalam jangka panjang. Tidak ada karbohidrat, diet detoks, cuka sari apel, dan diet sirup maple adalah mode yang tidak berkelanjutan atau pilihan jangka panjang.

Jadi, makanlah semua yang Anda suka dalam porsi yang cukup dan olahraga setidaknya tiga hari seminggu untuk menghilangkan kelebihan kalori.

4. Hitung Kalori Anda

Kaya nutrisi dengan kalori yang sangat rendah

Kaya nutrisi dengan kalori yang sangat rendah

Photo :
  • -

Ya, lacak kalori Anda untuk dimakan sesuai anggaran kalori Anda. Pikirkan seperti ini; Anda membuat anggaran untuk rumah Anda, sehingga Anda menghabiskan uang dalam anggaran itu untuk menghindari masalah keuangan.

Demikian pula, Anda dapat membuat anggaran kalori untuk menghindari kalori yang tidak perlu. Ini membantu untuk menuliskan apa yang Anda makan setiap hari.

Misalnya, jika Anda makan nasi lebih banyak saat makan siang, kurangi asupan nasi saat makan malam. Begitulah cara Anda dapat menjaga anggaran kalori harian Anda

5. Porsi Terkendali Sangat Efektif

Jika Anda makan semangkuk penuh makanan favorit Anda, Anda perlu mengonsumsi lebih sedikit.

Jadi, alih-alih semangkuk penuh, makanlah setengahnya. Makan lebih sedikit dari yang sudah Anda konsumsi dapat membantu Anda mengurangi beberapa kalori.

6. Gunakan Piring yang Lebih Kecil

Jika Anda tidak dapat mengontrol porsi Anda, inilah solusi Anda. Gunakan piring yang lebih kecil.

Ini 100% efektif dalam membantu perjalanan penurunan berat badan Anda. Memang benar jika Anda melayani diri sendiri di piring yang lebih kecil; Anda tidak akan makan berlebihan- cara mudah untuk mendekati penurunan berat badan.

7. Makan dengan Penuh Perhatian

Jika Anda memperhatikan apa yang Anda makan dan berapa banyak yang Anda makan, Anda tidak perlu khawatir lagi. Seperti yang Anda ketahui, asupan kalori Anda tidak makan berlebihan, membantu dalam penurunan berat badan.

8. Tingkatkan Asupan Protein Anda

Protein adalah makronutrien dan merupakan nutrisi binaraga. Ini akan membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan Anda.

Ini akan membantu Anda menghindari makan berlebihan. Anda dapat dengan mudah makan berlebihan pada karbohidrat tetapi tidak pada protein. Sebaliknya, makan daging tanpa lemak, telur, ikan, produk susu atau kedelai. Mereka adalah sumber utama protein dan rendah kalori.

9. Tambahkan Serat

Sama seperti protein, serat adalah makanan yang mengenyangkan. Karena Anda merasa kenyang lebih lama, Anda tidak akan makan makanan apa pun.

Buah-buahan dan sayuran atau roti multigrain tinggi serat dan rendah kalori. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ketika Anda makan roti dan sayuran atau buah, Anda cenderung makan lebih sedikit daripada saat Anda makan makanan yang kurang nutrisi.