Apakah Alkohol Menyebabkan Kenaikan Berat Badan? Berikut Faktanya!

Alkohol Menyebabkan Kenaikan Berat Badan
Sumber :
  • Google Image

Olret – Anda dapat melakukan segalanya dengan benar untuk menurunkan berat badan, tetapi satu kesalahan kecil dapat mempersulit Anda untuk melihat hasil yang diinginkan. Konsumsi alkohol adalah salah satu faktor tersebut. Bahkan dengan kontrol kalori dan olahraga yang sempurna, minuman beralkohol dapat dan memang memengaruhi berat badan Anda.

Alkohol mengandung tujuh kalori per gram, dibandingkan dengan empat kalori per gram untuk karbohidrat dan sembilan kalori per gram untuk lemak. Segelas besar anggur putih dapat memiliki kalori sebanyak satu porsi es krim, dan satu liter bir bisa sama dengan sebatang coklat.

Jadi Anda mungkin tanpa disadari mengonsumsi kalori "kosong", yang tidak baik untuk berat badan Anda. Namun, dalam hal penggunaan alkohol, ada banyak hal yang perlu diingat, bukan hanya kalori. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai hubungan antara alkohol dan penambahan berat badan.

Bagaimana Alkohol Mempengaruhi Berat Badan Anda?

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Rileks Setelah Melalui Hari yang Berat

Alkohol Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Photo :
  • Google Image

Berbagai faktor, termasuk apa yang Anda minum, seberapa sering Anda minum, dan berapa banyak alkohol yang Anda minum, dapat mempengaruhi efek alkohol pada berat badan Anda. Namun, faktor lain yang memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan, seperti diet, genetika, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan usia, juga berperan.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol dapat menjadi faktor risiko obesitas bagi beberapa individu, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Namun, alkohol dapat menyebabkan banyak masalah lain selain potensi kenaikan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Apa Itu Kanker? Bagaimana Kanker Bisa Terjadi?

Misalnya, itu dapat memengaruhi ritme sirkadian dan kadar kortisol Anda. Gangguan ritme sirkadian berarti pola tidur yang tidak teratur yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan rasa lapar yang berlebihan, stres atau metabolisme yang lambat yang semuanya menyebabkan penambahan berat badan.

Ada banyak alasan mengapa alkohol menyebabkan kenaikan berat badan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kalori Tinggi

Minuman beralkohol tinggi kalori. Untuk sebagian besar bentuk alkohol, dua minuman mengandung sekitar 250 hingga 300 kalori. Itu kira-kira 12% dari asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk pria atau sekitar 15% dari asupan kalori harian yang direkomendasikan untuk wanita. Selain itu, aditif dan pencampur yang ditambahkan ke banyak minuman beralkohol mengandung kalori, karbohidrat, dan gula ekstra.

Kalori dari alkohol adalah kalori kosong, artinya tidak memiliki nilai gizi. Oleh karena itu, minuman beralkohol memberi tubuh Anda banyak kalori tersembunyi, hampir tidak ada nutrisi untuk mendukungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title
6 Teknik Mengubah Diri Menjadi Sehat, Tidak Sulit Untuk Dilakukan