Misteri Lucid Dream, Yang Mulai Dipecahkan Oleh Para Ilmuwan

Fenomena lucid dream
Sumber :
  • https://www.freepik.com/

Olret – Pernahkah Anda menyadari bahwa Anda sedang bermimpi? Mungkin bahkan mengendalikan apa yang terjadi dalam mimpimu? Jika demikian, Anda mungkin mengalami Lucid Dream.

Jojo Cerita Mimpi Ketemu Stevie Agnecya, Malah Tuai Komentar Pro Kontra

Lucid Dream adalah sebuah mimpi ketika seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Istilah ini dicetuskan oleh psikiater dan penulis berkebangsaan Belanda, Frederik van Eeden. Ketika mimpi sadar, si pemimpi mampu berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya.

Ben Rein, seorang ahli saraf di Universitas Stanford dan komunikator ilmu media sosial, memberi tahu bahwa penelitian awal tentang orang yang mengalami lucid dream telah mengungkap beberapa data menarik.

Diogo Alves, Pembunuh Berantai yang Kini Tinggal Penggalan Kepala

Bahwa mimpi sadar mungkin merusak kualitas tidur. Karena ini adalah proses sadar, otak Anda tidak benar-benar beristirahat selama lucid dream. “Jadi itu bisa merusak sifat terapeutik REM (gerakan mata cepat saat bermimpi yang penting untuk tidur nyenyak), sifat penyembuhan, sifat restoratif,” ungkap Rein.

Sangat sedikit penelitian yang telah dilakukan sejauh ini tentang efek lucid dream pada tidur dan kesehatan. Para ilmuwan tidak tahu persis apa yang terjadi di otak—setidaknya, belum.

Pilihan Di Pagi Hari : Kembali Tidur Melanjutkan Mimpi atau Bangun Tidur Untuk Mewujudkan Mimpi

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Biology tahun lalu membuat beberapa kemajuan. Empat kelompok penelitian terpisah di seluruh dunia meneliti orang-orang yang merupakan pemimpi sadar yang baik. Mereka mereplikasi pengaturan yang sama, menghubungkan peserta ke mesin electroencephalogram (EEG) untuk mengukur aktivitas otak.

Mereka juga menghubungkannya ke perangkat yang mengukur gerakan mata. Para peneliti meminta mereka untuk menggerakkan mata mereka bolak-balik tiga kali setelah mereka dalam keadaan lucid dream. Dan peserta merespon positif, yang dikonfirmasi melalui sinyal EEG dari otak. “Orang ini sebenarnya dalam tidur REM, dan mata mereka bergerak bolak-balik tiga kali untuk mengatakan, hei, Anda tahu, saya di sini. Apa yang kamu ingin aku lakukan sekarang?” kata Rein.

Halaman Selanjutnya
img_title