7 Masalah Mentruasi Yang Harus Diwaspadai, Jangan Sepelekan!

menstruasi
Sumber :
  • https://res.cloudinary.com/

Olret – Ketika mengalami menstruasi, wajar jika kamu mengalami kram perut dan mood swing. Karena saat menstruasi muncul perasaan tidak nyaman dan perubahan hormone dalam tubuh. Hal ini bisa dialami di periode awal, sebelum atau bahkan setelah datang bulan.

9 Tips Menghindari Alergi Kondom Demi Kehidupan Seks yang Sehat

Namun, tetap ada yang harus diperhatikan dan jangan dianggap normal saat mengalami masalah yang “tidak biasa” saat menstruasi. Karena bisa jadi beberapa masalah itu menjadi tanda jika tubuh sedang tidak baik-baik saja atau mengalami penyakit tertentu. Jika sudah seperti ini, memeriksakan masalah tersebut ke dokter adalah solusi terbaik.  

1. Terlambat Haid

Setiap orang memiliki jadwal menstruasi yang berbeda. Ada yang teratur, ada pula yang tidak teratur, misalnya dengan terlambat atau lebih cepat dari jadwal menstruasi di bulan sebelumnya. Namun, keterlambatan itu normal, misalnya hanya 5-7 hari saja. Sebab normalnya, siklus haid akan berulang selama 28-30 hari.

Mengalami Menstruasi 2 Kali Dalam Sebulan, Apakah itu Tidak Normal?

Oleh karena itu, jika mengalami keterlambatan atau terlalu cepat, kamu harus waspada pada kondisi kesehatan tubuhmu. Perlu diketahui ada beberapa masalah yang bisa menjadi penyebab jadwal menstruasi tidak teratur, seperti pola makan yang tidak sehat, olahraga yang berlebihan dan pikiran stress juga tertekan. Namun, jika keterlambatan itu terlalu sering terjadi, memeriksakannya ke dokter lebih dianjurkan.

2. Masalah Pada Kelenjar Tiroid

Sebagaimana di jelakan pada poin nomor 1, menstruasi umumnya rutin dialami setiap bulan dengan rentang waktu yang nggak jauh berbeda. Namun jika menstruasi kadang datang atau tidak? Maju mundurnya pun tidak waja.

Halaman Selanjutnya
img_title
8 Faktor Pemicu Nyeri Migrain, Kurang Tidur Hingga Stres