13 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Manfaat Singkong untuk Kesehatan
Sumber :
  • freepik.com

Jaskarta, Olret – Alam telah memberi kita banyak sayuran, buah-buahan, dan rempah-rempah dengan khasiat terapeutik, dan singkong adalah salah satunya. Banyak ahli kesehatan menganjurkan manfaat kesehatan dari singkong dan menyarankan untuk memasukkan sayuran bertepung ini ke dalam makanan untuk semua alasan yang baik.

Cegah Tubuh dari Dehidrasi! Dengan 5 Jus Buah dan Sayur Untuk Kesehatan Saat Cuaca Panas

Ini banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Meskipun sayuran berbonggol dianggap bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, memakannya dalam jumlah sedang dan dengan cara yang benar adalah kunci untuk menuai manfaat potensialnya.

Seperti makanan lainnya, mengonsumsi singkong secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang tidak terduga. Pahami persiapannya, cara penggunaan dan tindakan pencegahan yang harus diambil saat mengonsumsi makanan sehat ini untuk manfaat kesehatan dan kecantikan secara keseluruhan. Gulir ke bawah!

Apa itu Singkong?

5 Cara Mengontrol Pola Makan Tanpa Mengganggu Kesehatan

Singkong

Photo :
  • shutterstock

Singkong adalah sayuran berbonggol dan banyak dibudidayakan di negara-negara seperti Thailand, Indonesia, dan Nigeria. Sayuran berbentuk lonjong dan bertepung ini bisa dipadukan dengan berbagai sayuran lain seperti wortel, kacang hijau, lobak, capsicum, dan banyak lainnya untuk dijadikan resep masakan yang lezat. Selain itu, tepung singkong dan pati memiliki peran penting dalam industri makanan dan non makanan.

Sementara bubuk singkong kering mudah didapat di toko grosir, sulit menemukan tanaman singkong segar karena umbi mentah dan bagian tanaman cenderung mudah membusuk. Selain umbinya, daun singkong juga digunakan untuk memasak.

Namun, daun singkong muda dikatakan kurang bergizi dibandingkan sayuran berdaun hijau lainnya. Tanaman singkong membutuhkan iklim yang cocok untuk tumbuh subur tetapi bagian terbaiknya adalah perawatannya rendah dan dapat tumbuh bahkan di tanah dengan nutrisi rendah.

Singkong tersedia dalam dua varietas - manis dan pahit. Versi pahit mengandung tingkat sianida yang lebih tinggi dan perlu dicuci secara menyeluruh dengan air keran yang mengalir untuk menghilangkan semua racun. Juga, perlu dihancurkan sebelum dimasak.

6 Alasan Punya Cewek Yang Lebih Pendek Darimu Itu Menyenangkan. Pertahankan, Ya!

Anda juga bisa menjemur akar singkong dan menggilingnya menjadi tepung untuk menyiapkan masakan yang berbeda. Orang dengan alergi makanan dapat menggunakan tepung singkong sebagai alternatif yang aman untuk pati lainnya karena bebas dari gluten, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Nilai Gizi Singkong

Manfaat Singkong untuk Kesehatan

Photo :
  • freepik.com

Sebelum kita mulai menghitung manfaat kesehatan terbaik dari singkong, pertama-tama mari kita lihat profil nutrisinya.

Halaman Selanjutnya
img_title