Diprediksi akan Terus Meningkat hingga 2045, Inikah Faktor Pemicu Diabetes di Indonesia?

Ilustrasi penjelasan tentang diabetes
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@pavel-danilyuk

Orlet - Dilansir dari tvonenews.com pada tanggal 01 Agustus 2023, berdasarkan data IDF atau International Diabetes Federation kasus diabetes di Indonesia mencapai 19,5 juta orang yang menderita penyakit tersebut.

Penis Akan Semakin besar atau Berhenti Tumbuh Pada Usia Berapa?

IDF juga memprediksi bahwa Indonesia akan tetap menduduki peringkat kelima di dunia dengan kasus penyakit gangguan metabolisme yang menyebabkan tingginya kadar gula darah di atas normal tersebut yang jumlahnya akan meroket menjadi 28,6 juta atau naik sebesar 46,6 persen pada tahun 2045.

Perlu diketahui bahwa diabetes melitus umumnya terdapat tiga jenis yaitu diabetes melitus tipe 1, diabetes melitus tipe 2 serta diabetes gestasional. Apa sajakah pemicu penyakit ini bisa menyerang seseorang? Dilansir dari berbagai sumber seperti halodoc dan klikdokter berikut ini penjelasannya.

Menurut Penelitian Ini, Usia 25 Tahun Adalah Usia Paling Ideal untuk Menikah

1. Faktor Keturunan

Seseorang akan lebih beresiko mengidap penyakit diabetes melitus tipe 1 apabila ada anggota keluarga mereka yang menderita penyakit tersebut karena berhubungan dengan gen tertentu.

5 Cara Sederhana Ini Bisa Membuat Orang Tuamu Bangga, Lakukan ya!

Beberapa jenis mutasi gen yang berperan untuk mengendalikan risiko diabetes yaitu kadar glukosa pada tubuh, produksi glukosa, regulasi insulin, produksi insulin. Lakukan deteksi dini untuk mengetahui resiko pewarisan penyakit diabetes apabila orang tua maupun keluarga mempunyai riwayat penyakit ini.

2. Gaya Hidup

Halaman Selanjutnya
img_title