7 Kuliner Nusantara yang Bisa Disimpan Lama, Cocok untuk Stok di Rumah

Rendang daging Padang
Sumber :

Olret – Tidak punya waktu memasak setiap hari, makanan yang awet dan tetap lezat di santap meski sudah lama dimasak bisa menjadi solusi.  Tak hanya membeli makanan kaleng, nugget, atau produk makanan beku lainnya, kamu juga bisa memasak sendiri kemudian diawetkan. Caranya dengan mengeluarkan udara atau vakum sebelum makanan disimpan.

Hanoi- Tempat Terbaik untuk Pecinta Makanan di Vietnam

Selain itu, agar lebih awet, sebelum digoreng, dipanggang, dibakar, atau direbus kembali setelah diawetkan, makanan harus di-steam terlebih dahulu. Berikut kuliner khas Nusantara yang bisa disimpan cukup lama sebagai stok lauk di rumah.

1. Rendang

Rendang merupakan cara memasak menggunakan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan santan selama delapan jam hingga bumbu benar-benar meresap dan kuahnya menyatu. Rendang dapat bertahan cukup lama jika pengolahan dan penyimpanannya dilakukan dengan benar.

4 Cara Menghasilkan Uang Tambahan Dengan Truk Pikap

Bahan makanan yang biasa dimasak rendang yaitu daging, ayam, telur, dan jengkol. Setelah bahan matang dan bumbunya meresap, biarkan sebentar hingga agak dingin. Setelah itu, masukkan ke dalam plastik anti panas dan vakum.

Atur porsinya sesuai kebutuhan, dengan begitu kamu bisa menyimpan dalam beberapa plastik dan mengambil satu persatu jika ingin menyantapnya. Rendang dapat bertahan selama dua minggu setelah dimasukkan ke dalam plastik yang divakum terlebih dahulu lalu disimpan dalam freezer.

2. Sambal Roa

Halaman Selanjutnya
img_title
7 Hikmah yang Bisa Kamu Petik Saat Kamping di Musim Dingin