Rimbang Baling, Destinasi Anti Mainstream Bagi Sang Petualang

Rimbang Baling
Sumber :
  • Viva/Idris Hasibuan

Olret – Teman-teman pencinta travel, sudah ke mana saja nih tempat wisata yang menjadi destinasi kalian? Bagi anak muda jaman now, tempat wisata yang menyuguhkan pemadangan intagramable pastinya sudah mainstream dong ya! Pantai juga tak pernah sepi dikunjungi para pemburu sunset, hiking ke gunung apalagi sudah menjadi trend saat ini. Lalu kira-kira kemana lagi nih yang akan menjadi planning destinasi wisata kalian? berhubung libur lebaran akan segera tiba.

Kisah Nyata : Menantang Penghuni Dunia Lain Sumbing, Ngeri.

Pernahkah teman-teman sempat terpikir untuk mencoba berwisata ke hutan? Apasih yang terlintas di benak teman-teman ketika mendengar kata ‘hutan’? Tak sedikit orang-orang bilang; ”apa gak seram tuh di hutan? untuk berniat masuk ke tempat rimba saja rasanya sudah mengerikan. Kalau gak nyasar ya paling bertemu hewan buas”.  Hehehe.

Eist, tapi jangan mengira semua hutan semenyeramkan itu teman-teman. Ada salah satu hutan yang berpotensi menjadi destinasi ecowisata lho! Tepatnya hutan Rimbang Baling yang berlokasi di Kampar, Riau. Justru wisata menjelajahi hutan ini anti mainstream.

Kenalan dulu yuk, sekilas mengenai Rimbang Baling.

Ditemani Pocong Di Gunung Sindoro, Membuat Nyali Ciut

sekilas mengenai Rimbang Baling

Photo :
  • Viva/Idris Hasibuan

Hutan Rimbang Baling merupakan kawasan Suaka Marga Satwa habitat bagi satwa langka dan penyangga kehidupan flora dan fauna di Sumatera, termasuk rumah terakhir bagi harimau Sumatera yang sudah masuk dalam kategori hampir punah.

Part 6 : Teror Pasangan Pendaki Mistis di Gunung Ciremai

Meski berstatus kawasan konservasi, pelestarian dan pengelolaan Rimbang Baling belum maksimal karena masih menjadi ancaman seperti penambangan, konversi hutan untuk perkebunan, dan perambahan. Terlebih hutan ini adalah satu-satunya hutan yang tersisa di Riaupasca kebakaran hutan Riau, yang sempat menjadi problematika Negara selama beberapa tahun silam.

Hutan Rimbang Baling bukanlah hutan daratan rendah, medan di hutan ini terdiri dari beberapa berbukitan. Di hutan Rimbang Baling ini terdapat  Sungai yang mengalir melintas seoalah membelah kawasan hutan, namanya sungai Subayang. Sekedar info, di sana juga berdiri juga markas WWF Indonesia lho!

Halaman Selanjutnya
img_title