Awas Penipuan Online Berkedok Sad Fishing Atau Menjual Kesedihan. Ciri Dan Cara Terhindar

Penipuan Online Berkedok Sad Fishing
Sumber :
  • WesalTv

Olret –Perkembangan teknologi, internet, sosial media dan lain sebagainya, memang membawa banyak dampak positif. Tapi ada saja, beberapa oknum yang menggunakannya untuk kepentingan diri sendiri sampai menipu dan merugikan orang lain. 

5 Tips Bikin Reuni Jadi Asyik dan Meninggalkan Kesan Istimewa. Gak Kapok Reunian Lagi!

Salah satu penipuan yang paling sering digunakan sekarang adalah dengan menggunakan "Sad Fishing" atau menjual cerita sedih untuk menarik simpati, memanipulasi dan memanfaatkan orang lain. 

Nah, supaya kamu lebih waspada dan tidak terjebak pada oknum "sad fishing" ini. Yuk kenali apa itu sad fishing, ciri pelaku dan cara menghadapinya. 

Apa Itu Sad Fishing? 

Niat Nagih Hutang, Nasib Karyawan PNM Ini Malah Dianiaya Nasabahnya

Sad fishing sering juga disebut sebagai “trolling emotional“, yaitu suatu tindakan menggunakan rasa sakit yang dialami atau kerentanan emosional seseorang sebagai cara untuk mendapatkan perhatian, simpati, keuntungan dan mencari validasi di media sosial.

Dalam postingan sosial media, Sad fishing digambarkan postingan emosional seseorang yang berlebihan secara sengaja, seperti keluhan, kesulitan, musibah atau kesedihan (yang menurutnya) telah dialaminya.

7 Sikap Suami Yang Saleh, Semoga Itu Adalah Imammu!

Tujuannya, untuk mendapatkan simpati dan perhatian dari orang lain. Karena itu, sad fishing bisa dinilai sebagai tindakan manipulatif yang bisa mempermainkan perasaan dan rasa empati seseorang. 

Halaman Selanjutnya
img_title