5 Prilaku Yang Menunjukan Jika Kamu Mengalami Pengabaian Emosional Sejak Kecil

Pengabaian emosional masa kecil
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Aspek emosional ketika mengalami hal-hal buruk tetapi tidak diperhatikan atau diabaikan dalam jangka waktu yang lama di sebut pengabaian emosional. Pengabaian emosional ini menurut psikoterapis Kaytee Gillis, LCSW-BACS., berkontribusi pada bagaimana perasaannya ketika telah dewasa. Melansir Living with Meaning, ketika seseorang mengalaminya, ia sulit mengidentifikasi perasaan dan mengekspresikannya dengan prilaku berikut ini.

1. Marah ketika orang lain tidak memberikan perhatian

4 Ciri Utama Pria Yang Pantas Jadi Ayah Dari Anak-anakmu Nanti

Orang yang mudah marah

Photo :
  • freepik.com

Bagi seorang yang mengalami pengabaian emosional, kerap bermasalah dengan eksistensi dirinya. Mereka bisa merasa tidak penting atau tidak terlihat, sehingga marah ketika orang lain tidak memperhatikan hal-hal kecil tentang dirinya.

2. Merasa ditinggalkan

Sebelum Memaksakan Kehendak Kepada Sang Anak, Orangtua Juga Perlu Tahu Hal Ini!

Meski berteman akrab, kadang seseorang merasa ditinggalkan. Padahal telah dilibatkan dalam percakapan atau pun dalam kegiatan sosial. Ini kerap dialami seseorang yang mengalami pengabaian emosional pada masa kanak-kanak. Menurut ahli, fokuslah menghabiskan waktu bersama orang-orang yang membuatmu merasa diinginkan dan akrab. Akui mereka sebagai teman atau anggota keluarga. Jika tak lagi dilibatkan dalam keakraban, jujurlah pada mereka tentang perasaanmu.

3. Merasa perlu untuk 'memperbaiki' orang lain

Halaman Selanjutnya
img_title