6 Cara Menciptakan Suasana Nyaman Ketika Work From Home

Nyaman Ketika Work From Home
Sumber :
  • unsplash.com/@magnetme

Olret – Bekerja dari rumah (Work From Home), bukan hal yang mustahil di zaman sekarang. Baik karena memang pekerjaan kamu bisa dilakukan dari rumah (freelance atau usaha online) atau karena situasi tertentu (misal pandemi). Kamu tetap bisa kok menciptakan suasana rumah yang nyaman dan kondusif untuk bekerja juga tetap produktif. 

Neos Corner Jakarta, Tempat Work From Anywhere Sambil Ngopi Nikmat

Sebab pekerjaan yang kamu kerjakan, tetap dituntut loyalitas, tanggung jawab dan ketekunan. Karena itu, meski kamu hanya kerja dari rumah. Baik itu serabutan atau pekerjaan utama.

Tetap harus serius menjalaninya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, supaya suasana kerja bisa nyaman dan kondusif. Yuk, terapkan 6 cara ini. 

1. Buat Ruangan Khusus Bekerja 

Media Vietnam Sebut Media Indonesia Sangat Takut Terhadap Pemain Sepak Bola Vietnam

Punya ruangan khusus bekerja bisa lho menjadikan kamu lebih semangat untuk bekerja dan menjadikan suasana rumah sama seperti kantor. Tidak perlu besar-besar.

Cukup buat meja dan kursi di dalam kamar atau jika kamu bekerja sebagai penjual online buat gudang untuk persediaan dan packing barang. 

Aksi Luar Biasa Kyle Walker Saat Manchester City Menyamakan Kedudukan

Intinya dekorasi ruangan bekerja itu, usahakan bisa membuat kamu fokus dan tidak terganggu oleh anak-anak. Sehingga meski di rumah kamu tetap bisa bekerja dengan baik layaknya di kantor. 

2. Buat Jam Bekerja Agar Kamu Lebih Disiplin 

Mungkin buat yang bekerja online. Kamu bisa bekerja sewaktu-waktu, hanya packing atau stok saja yang harus kamu perhatikan agar tidak menumpuk dan terlambat pengiriman.

Tapi yang freelance atau bekerja seperti orang kantoran (Apalagi ada target yang harus kamu kejar). Lebih baik buatlah jadwal bekerja. Semisal mulai dari jam 10 pagi-10 malam. 

Hal ini, agar kamu bisa fokus dan tidak bertabrakan dengan pekerjaan yang lainnya. Jangan lupa waktu istirahat, makan, mandi, mengerjakan pekerjaan rumah, mengurus anak-anak juga kamu pikirkan. Sehingga tidak bertabrakan dan menghilangkan fokus dalam bekerja. 

3. Biar Semakin Nyaman Jangan Lupa Bersihkan Ruangan Kerjamu 

Tentu saja kenyamanan dalam bekerja juga dipengaruhi oleh kebersihan ruangan. Karena itu, ketika akan atau sudah selesai bekerja. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan.

Meski saat bekerja kamu membuatnya berantakan. Selesai bekerja rapikan seluruhnya. 

Hal ini penting pula, agar waktumu bekerja tidak tertunda karena masih sibuk bersih-bersih. Sehingga pastikan ruangan nyaman kembali sebelum kamu beristirahat. 

4. Biar Mood Bekerja Semakin Baik. Pastikan Suasana Ruangan Segar dan Sejuk 

Jangan sampai ruangan bekerja kamu tampak menakutkan, melelahkan, horor dan mononton. Mumpung kamu kerja dari rumah. Maka pastikan ruangan yang kamu ciptakan nyaman.

Misal masalah pencahayaan hingga suhu dalam ruangan. Bahkan kalau bisa ciptakan suasana yang sejuk dan segar di dalam ruangan kamu. 

Jika perlu tambahkan aromaterapi yang menyenangkan dan membuat kamu lebih santai. Beberapa aroma alam juga bisa meningkatkan mood dalam bekerja. 

5. Organisir Dokumen Dengan Baik. Juga Bisa Membuat Pekerjaan Kamu Tak Terasa Menyusahkan 

Mengorganisir dokumen penting sebagaimana kebutuhan kamu, akan membuat pekerjaan tidak berantakan, lebih terstruktur dan lebih cepat kamu selesaikan. 

Karena itu, sembari merapikan membersihkan ruangan. Jangan lupa pilah-pilah dokumen yang penting. Jika ada yang menurutmu sudah tidak berguna bisa kamu sendiri biar tidak membuat sumpek ruangan. 

6. Terakhir Pastikan Camilan dan Kopi Khusus Saat Bekerja 

Nah, terakhir adalah makanan atau minuman pendamping bekerja yang tidak boleh terlupakan. Jika perlu kamu bisa menyiapkan lemari pendingin khusus di ruangan bekerja.

Jadi tidak perlu beranjak keluar ruangan untuk mengambil minuman atau makanan. Usahakan camilan pun bukan camilan yang mengenyangkan dan membuat kamu cepat merasa kantuk. 

Sehingga kamu bisa tetap fokus bekerja sampai jam bekerja usai, layaknya di kantor.