6 Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Millenial Jika Ingin Dilirik Perusahaan

Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Millenial
Sumber :
  • freepik.com/author/tirachardz

Olret – Setelah dinyatakan lulus dari sekolah atau kuliah, perjuangan selanjutnya adalah mendapatkan pekerjaan yang layak sebagaimana bidang studi yang telah diambil selama ini. Apalagi, banyak perusahaan yang pasti membuka lowongan untuk para fresh graduated maupun pencari kerja lainnya.

Mengapa Branding Penting untuk Sebuah Bisnis?

Namun, ternyata masuk ke perusahaan yang diidamkan, juga bukan perkara yang mudah. persaingan kerja yang ketat dan banyaknya pelamar daripada lapangan kerja yang disediakan, membuat kemungkinan diterima hanyalah sekian persen saja.

Pasti perusahaan pun akan memilah-milah calon karyawan, agar mendapatkan yang terbaik untuk perusahaan. Oleh karena itu, penting buat kamu selalu berusaha meningkatkan kemampuan yang kamu miliki.

YouTube Akan Menampilkan Lebih Sedikit Iklan di TV, Tetapi Ada Batasannya

Supaya perusahaan yang kamu idamkan melirik dirimu dan kemungkinan diterima jauh lebih besar. Dan buat para millennial, inilah 6 kemampuan dasar yang wajib kamu punya, jika ingin segera mendapatkan pekerjaan.

1. Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki Millenial

Photo :
  • freepik.com/author/tirachardz
3 Efek Negatif Duduk Terlalu Lama Bagi Pekerja Kantoran, Bisa Disfungsi Seksual

Sebagaimana yang kita tahu, bahasa inggris adalah bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi, khususnya dengan orang yang berbeda Negara.  Selain itu banyak sekali operasional maupun instruksi kantor yang sekarang ini menggunakan bahasa inggris.

Plus, jika kebetulan perusahaan yang kamu idamkan merupakan perusahaan multinasional, maka wajib hukumnya bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris secara aktif.

Oleh karena itu, pastikan kamu meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Kamu bisa mengikuti kursus untuk mendapatkan sertifikat resminya, atau belajar secara otodidak.

Lagi pula ada banyak video maupun kursus online belajar bahasa inggris. Percayalah jika kemampuan bahasa inggris bagus, itu merupakan nilai plus dalam perusahaan.

2. Mahir Menggunakan Komputer Khususnya Program Microsoft Office

Mematikan perangkat laptop

Photo :
  • Shutterstock

Ketika bekerja di kantor, maka alat yang akan digunakan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari pastilah seperangkat komputer atau laptop. Jelas, kamu harus mahir menggunakannya termasuk semua program yang ada di dalamnya.

Nah, salah satu program yang wajib dikuasai secara menyeluruh adalah Microsoft office. Ingat Microsoft office terdiri dari berbagai program seperti MS word, MS Excel, dan lain sebagainya.

Semuanya mempunyai fungsi dan cara kerja sendiri-sendiri. Nah, kemampuan kamu dalam menggunakan dan menguasai program itu, juga akan menentukan kemungkinan diterimanya dirimu dalam perusahaan yang kamu incar.

3. Kemampuan Menganalisis Dengan Baik

Perusahaan sekarang membutuhkan jiwa muda yang tidak hanya mampu berpikir secara inovatif dan kritis, tapi juga mampu menganalisis dengan baik atau mempunyai kemampuan analytical thinking. Analytical thinking adalah kemampuan berpikir secara terukur untuk menguraikan masalah berdasarkan berbagai informasi yang didapatkan.

Jadi diharapkan, kamu dapat menemukan solusi terbaik, setelah mendapatkan berbagai informasi atau data yang berhubungan dengan masalah yang sedang dihadapi.

Nah, kemampuan ini dapat kamu latih dengan rajin membaca buku, mengamati keadaan dengan lebih cermat dan mengasah kemampuan otak. Dengan begitu, kamu bisa menganalisis dengan baik dan menemukan solusi terbaik.

4. Team Work Yang Solid

Team Work

Photo :
  • freepik.com/author/tirachardz

Mampu bekerja sama dengan baik dalam suatu team work, juga merupakan kemampuan yang sering dicari oleh perusahaan. Sebab, nantinya, kamu pasti bekerja dengan partner dalam divisi kamu untuk mencapai target tertentu.

Ingatlah! Jika perusahaan tidak membutuhkan orang egois yang mementingkan diri sendiri. Adanya persaingan pun, pasti dilakukan dengan sehat sesuai kemampuan masing-masing. Sebab, dalam bisnis, pemilik pasti memikirkan untung dan rugi untuk perusahaan.

Jadi, penting untuk meningkatkan sosialisasi kamu dalam bekerja sama dengan orang lain. Latihlah dirimu menjadi pribadi yang humble, tidak egois dan memaksakan kehendak dan bekerja dengan baik sesuai jobdesk yang kamu dapatkan. Dengan begitu, orang akan senang dan semakin percaya dengan diri juga kemampuan.

5. Komunikasi Yang Handal

Tidak Adanya Komunikasi Yang Mendalam

Photo :
  • -

 

Meski kamu bekerja di balik layar laptop, bukan berarti kemampuan komunikasi tidaklah penting. Kamu membutuhkannya, apalagi ketika ingin meningkatkan jenjang karier. Apalagi, dalam perusahaan nanti, kamu akan bekerja sama dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Selain itu, bisa jadi ada saatnya kamu diminta untuk mempresentasikan hasil kerjamu di depan bos dan orang penting lainnya.

Sehingga, pastikan kamu melatih komunikasi dengan baik. cobalah untuk berpikir dahulu sebelum berbicara apa pun, jadi pendengar yang baik dan mampu memahami apa yang orang lain katakan. Dengan rajin berlatih, kamu pasti bisa meningkatkan kemampuan komunikasi milikmu.

6. Sedikit Banyak Punya Kemampuan Digital

Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka kamu harus rajin-rajin mengupgrade diri dan belajar hal baru sebagaimana perkembangan zaman. Salah satunya meningkatkan skil digital, misalnya seperti digital marketing, copywriting, website designer, atau pun content creator.

Sedikit banyak kamu harus tahu, karena tidak memungkinkan perusahaan akan menuntut kamu lebih banyak. Tenang, kamu bisa mengambil kursus atau belajar secara otodidak kemampuan ini. (Ika Tusiana)