7 Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur, Pahami ya Girsl!

Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Siklus menstruasi atau haid adalah siklus yang dialami oleh setiap perempuan. Biasanya, terjadi setiap 28 hari sekali. Ada pula yang mengalaminya dengan rentang waktu antara 21-25 hari. Semua hal itu masuk dalam kategori normal.

5 Cara Untuk Menghindari Terus-Menerus Mencintai Pekerjaanmu

Siklus menstruasi sendiri terjadi karena meluruhnya dinding Rahim, supaya Rahim kembali bersih dari pembuluh darah, kelenjar dan sel-sel yang keluar dalam bentuk darah disebabkan tidak adanya pembuahan yang terjadi.

Jadi, bisa dibilang siklus menstruasi adalah proses yang sangat penting, agar tubuh khususnya Rahim tetap sehat dan bersih. Namun, ada beberapa perempuan yang mempunyai siklus haid yang tidak teratur, misal kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Nah, jika kamu mengalaminya, jangan khawatir terlebih dahulu. Bisa jadi 7 hal inilah penyebabnya.

1. Sedang Tertekan Juga Stres

Kerjaan Bikin Stres? Ikuti Tips-tips Ampuh Kurangi Stres di Kantor Ini!

Cara Mencegah Penurunan Berat Badan Akibat Stres

Photo :
  • google image

Penyebab pertama, siklus haid kamu tidak teratur, karena kondisi pikiran yang sedang tertekan dan stres. Saat sedang stres, maka fungsi hypothalamus, yakni bagian otak yang mengatur hormon siklus haid juga akan terpengaruh. Jadi, siklus menstruasi mengalami masalah sampai haid kamu jadi tidak teratur.

2. Perubahan Pada Berat Badan

Halaman Selanjutnya
img_title
Apa Itu Kanker? Bagaimana Kanker Bisa Terjadi?