3 Cara Efektif Cegah 'Father Hunger' pada Anak

Ilustrasi pentingnya kedekatan ayah dan anak
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@tatianasyrikova

Orlet - Kehilangan peran sosok penting dalam hidup, yaitu seorang ayah karena faktor kematian memang tidak mudah bagi anak-anak. Mereka terpaksa menjadi lebih dewasa dari usianya.

4 Ciri Utama Pria Yang Pantas Jadi Ayah Dari Anak-anakmu Nanti

Sayangnya, banyak anak-anak yang memiliki ayah namun tidak beruntung merasakan kehangatan sikap mereka. Fenomena father hunger atau bisa disebut juga dengan defisit ayah telah menjangkiti kehidupan anak-anak yang seharusnya mendapatkan kasih sayang lengkap dari kedua orang tua kandungnya. Faktor penyebabnya antara lain orang tua bercerai, ayah yang tidak bertanggung jawab, sosok ayah abusif, ayah yang kecanduan hal-hal negatif.

Demi mencegah father hunger pada anak ada tiga tips yang bisa orang tua terutama ayah lakukan menurut Oak City Psikology yang dikutip dari @sahabat.parenting. Mari simak uraian di bawah ini.

Sebelum Memaksakan Kehendak Kepada Sang Anak, Orangtua Juga Perlu Tahu Hal Ini!

1. Sering Mengajak Anak Komunikasi

Jadilah seperti sahabat bagi anak. Tanyakan bagaimana aktivitas, sekolahnya, teman-temannya, gurunya, apakah anak merasa senang dengan kegiatan sehari-harinya.

Semoga Tuhan Selalu Memberikan Kesabaran Bagi Anak Broken Home

Biarkan anak-anak bercerita mengalir apa adanya sesuka hati. Jadilah pendengar yang baik sambil sesekali beri respon dan lakukan kontak mata dengan mereka. Tunjukkan bahwa anda sangat antusias dengan cerita-cerita mereka. Beri tahu mereka mana yang baik mana yang buruk untuk dilakukan.

Membangun kedekatan dengan anak melalui interaksi yang dilakukan disela-sela waktu luang anda, membuat buah hati merasa diperhatikan. Anak-anak yang merasakan cukup kasih sayang dari orang tuanya hatinya akan berbunga-bunga. Kebahagiaan mengantarkan mereka menjadi pribadi yang penuh dengan energi positif.

Halaman Selanjutnya
img_title