Brunei Tersublimasi di Peringkat FIFA, Membuat Seluruh Asia Tenggara Ikut Tersingkir

Brunei
Sumber :
  • istimewa

Olret – Bukan Thailand, Indonesia atau Vietnam, Brunei menjadi tim dengan performa paling impresif di antara tim-tim Asia Tenggara di bulan September. Tim yang selalu dianggap "membuka jalan" di kawasan ini saat ini sedang meraih rentetan 5 kemenangan berturut-turut dan melaju dengan kuat di rangking FIFA.

Kalah dari Thailand, Tien Linh Tersendat Bicara Soal Korban Topan Yagi

Dalam rangka FIFA Days pada bulan September 2024, babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2027 akan diikuti oleh 6 tim peringkat bawah yang kalah pada Babak Kualifikasi Pertama yaitu Kamboja, Sri Lanka, Makau, Mongolia, Timor Timur, dan Brunei.

Secara khusus, Brunei (peringkat 190 dunia) menyambut Makau (peringkat 185) di kandang Hassanal Bolkiah pada leg pertama.

Kalah Dari Thailand, Tim Nasional Vietnam Membubarkan Pasukannya

Dengan dukungan penonton tuan rumah, tim Asia Tenggara memainkan laga apik dan menang meyakinkan 3-0. Pada leg kedua, Brunei terus mengalahkan Macau dengan skor 1-0 dan berhak mengikuti babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2027.

Secara khusus, Brunei dianugerahi 25,1 poin setelah total 2 kemenangan atas Makau. Hasil ini membuat Brunei naik 7 peringkat di peringkat FIFA, dari peringkat 190 menjadi peringkat 183 dunia. Bersama Samoa, Brunei adalah salah satu dari dua tim dengan kemajuan paling mengesankan di dunia pada bulan September, sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh perwakilan Asia Tenggara mana pun.

Saat ini, rekor kemenangan beruntun Brunei adalah 5. Sebelumnya, di FIFA Days bulan Juni, wakil Asia Tenggara itu mengalahkan Sri Lanka di leg pertama dan kedua dengan skor 1-0. Pada Maret lalu, saat menghadapi Vanatu, Brunei menang 3-2.

Oktober mendatang, Brunei akan menghadapi Timor Timur di dua babak play-off Piala AFF 2024. Tim pemenang berhak mengikuti Grup A bersama tim Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Dengan kinerjanya yang tinggi saat ini, Brunei dinilai lebih tinggi.

Timnas Malaysia Mengincar Pemain yang Dua Kali Lebih Berharga dari Timnas Vietnam