Rekor volume minyak Rusia Menuju Asia

Minyak Rusia
Minyak Rusia
Sumber :
  • rt.com

Olret – Negara-negara Asia sekarang menyumbang dua pertiga dari total ekspor minyak lintas laut Rusia, sementara pasokan ke UE terus menurun, Bloomberg melaporkan pada hari Senin.

Pengiriman laut ke Asia dilaporkan menyumbang kurang dari dua perlima dari penjualan minyak mentah lintas laut Rusia sebelum Uni Eropa, AS dan sekutu mereka memberlakukan sanksi atas operasi militer Moskow di Ukraina.

China dan India dilaporkan menjadi tulang punggung lonjakan terbaru dalam perdagangan minyak Rusia, sementara volume kecil juga dikirim ke Sri Lanka dan UEA.

Volume keseluruhan minyak mentah menuju China, India dan Turki, bersama dengan kargo di kapal yang belum menunjukkan tujuan akhir, dilaporkan melonjak ke rekor 2,39 juta barel per hari dalam 28 hari hingga 11 November.

Minyak Rusia

Minyak Rusia

Photo :
  • rt.com

Peralihan Moskow dari Barat ke Timur yang belum pernah terjadi sebelumnya terjadi tiga minggu sebelum sanksi UE, yang didukung oleh negara-negara G7 dan Australia, dimulai pada 5 Desember. Langkah-langkah hukuman akan mewajibkan bisnis Barat untuk berhenti menyediakan asuransi dan layanan lain kepada kapal tanker yang memuat minyak mentah Rusia, kecuali kargo dibeli di bawah batas harga yang belum disepakati.

Tanker yang mengangkut minyak mentah Rusia dari pelabuhan Pasifik negara itu hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengirimkan kargo ke terminal impor China, dan perjalanan dari Laut Hitam ke Turki juga sama singkatnya. Namun, pengiriman ke India dari salah satu terminal ekspor Rusia biasanya memakan waktu beberapa minggu, membuat mereka berisiko lebih besar melanggar sanksi Barat sebelum mencapai tujuan.

Halaman Selanjutnya
img_title