Survey Terbaru IPO : Prabowo 37,% dan Ganjar 26,8%. Anies Berapa?

Prabowo Subianto
Sumber :
  • viva.co.id

Jakarta, Olret – Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil survei elektabilitas bakal calon presiden (capres) 2024. Dalam skema 3 nama capres, Prabowo Subianto juaranya. Sementara menyusul Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo urutan ketiga.

Pria Ini Ingatkan Netizen untuk Hati-hati Bagi yang Membenci Anies Baswedan

Nama Prabowo Subianto juga menempati urutan pertama dari beberapa bentuk simulasi. Dimana IPO melakukan simulasi dengan 40 hingga 5 nama terbuka. Dalam simulasi 40 nama, Prabowo Subianto mendapatkan perolehan elektabilitas 27,3 %, disusul Anies Baswedan 24,6 % dan Ganjar Pranowo di 16,2 %.

Survei ini dilakukan pada periode 5-13 Juni 2023. Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat dengan margin of error 2,90% dengan tingkat akurasi data 95%.

Tagar Abah Trending Topik di X, Netizen : Abah Pls Menang Aku Udah Berubah Image Jadi Buzzer Begini

IPO terlebih dulu menentukan sejumlah desa untuk menjadi sample. Pada setiap desa akan dipilih secara acak menggunakan random kish grid paper- sejumlah 5 rukun tetangga (RT), pada setiap RT dipilih 2 keluarga, dan setiap keluarga akan dipilih 1 responden dengan pembagian laki- laki untuk kuesioner bernomor ganjil, perempuan untuk bernomor kuesioner genap. Total responden laki-laki dan perempuan pada pembagian 50:50 persen

Pada simulasi 3 nama teratas, puncak klasemen kembali diraih oleh Prabowo Subianto dengan perolehan suara 37,2 %. Disusul urutan kedua Anies Baswedan 31,5 % serta Ganjar Pranowo di 26,8 %.

Tagar KumpulAkbarJIS01 Menggema di X, Suasana JIS Sungguh Menjadi Lautan Manusia

Artikel ini sudah tayang di viva.co.id dengan judul Survei IPO: Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi, Anies Baswedan Kalahkan Ganjar Pranowo