Belajar dari Kasus Kebakaran di Bromo, Pahami 5 Poin Penting Etika Berwisata Berikut Ini!

Pemandangan alam gunung Bromo
Sumber :
  • Instagram @infowisatagunungbromo

Orlet - Mengutip dari tvonenews.com kebakaran hebat yang terjadi di kawasan Gunung Bromo yang dipicu oleh kegiatan prewedding menggunakan flare menimbulkan dampak yang cukup serius yaitu menghanguskan puluhan hektar lahan padang rumput savana hingga kebakaran meluas yang berawal dari api di Bukit Teletubbies kemudian menjalar ke beberapa titik di kawasan Pos Jemplang.

7 Jenis Akomodasi Wisata yang Wajib Kamu Tahu

Akibat peristiwa tersebut, wisata Gunung Bromo ditutup total sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Banyak wisatawan yang akhirnya terpaksa membatalkan kunjungan dan merasa kecewa. Terlebih lagi bagi warga setempat yang ingin mendulang rezeki di kawasan Bromo.

Belajar dari kasus di atas, menurut kalian seberapa penting pengunjung harus memiliki etika saat berwisata atau ketika mengunjungi suatu tempat tertentu? Jawabannya tentu penting sekali bukan? Agar jangan sampai kejadian yang melukai alam seindah kawasan Gunung Bromo terulang kembali atau menimpa kawasan wisata lainnya, maka perhatikanlah lima poin berikut ini ketika berada di tempat wisata yang kita kunjungi.

4 Zodiak yang Bisa Menjadi Sekutu Terbaik

1. Tidak Mengotori Tempat Wisata

Membuang sampah secara sembarangan masih menjadi budaya yang melekat erat di masyarakat kita. Kesadaran akan pentingnya menghargai lingkungan masih sangat minim. Banyak oknum-oknum pengunjung tempat pariwisata yang tidak merasa sungkan membuang sampah makanan, minuman dan lain-lain tidak pada tempatnya sehingga memperburuk pemandangan kawasan wisata.

Wisata Siang Malam di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Kita bisa menyediakan space di tas atau plastik besar untuk menyimpan sampah terlebih dahulu sebagai cara mengantisipasi apabila tidak menemukan tempat pembuangan sampah di kawasan wisata atau letaknya jauh dari tempat kita berada.

 2. Tidak Merusak Lingkungan

Halaman Selanjutnya
img_title