7 Makanan yang Banyak Mengandung Serat, Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

Makanan yang Banyak Mengandung Serat
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Dengan banyaknya informasi yang bertentangan tentang penurunan berat badan dan diet, tidak heran orang sulit membuat pilihan yang bijak dan sehat.

Namun, satu tip penting yang disetujui oleh semua ahli gizi adalah menggabungkan berbagai jenis kelompok makanan dalam proporsi yang tepat adalah yang terbaik untuk menurunkan berat badan—misalnya, protein yang dikombinasikan dengan makanan kaya serat yang sehat.

Tentu saja, tidak ada ukuran diet yang pas untuk semua orang karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Tetapi pilihan makanan secara keseluruhan, terutama keseimbangan makro seperti protein dan serat, dapat memengaruhi perjalanan penurunan berat badan secara signifikan.

Mengapa Serat Baik untuk Menurunkan Berat Badan?

Makanan yang Banyak Mengandung Serat

Makanan yang Banyak Mengandung Serat

Photo :
  • freepik.com

Ada dua jenis serat: tidak larut dan larut. Serat larut memperlambat kecepatan pencernaan, memberi kamu pasokan energi yang stabil. Hal ini membuat kamu merasa kenyang dan dapat membantu tetap puas lebih lama.

Akibatnya, kamu makan lebih sedikit dan menjadi lebih kecil kemungkinannya untuk meraih sekantong keripik atau makanan ringan lainnya satu jam setelah makan. Sebuah penelitian dari Pubmed dengan judul Fiber Intake Predicts Weight Loss and Dietary Adherence in Adults Consuming Calorie-Restricted Diets: The POUNDS Lost (Preventing Overweight Using Novel Dietary Strategies) Study, menunjukkan bahwa asupan serat makanan mendorong penurunan berat badan pada orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas yang mengonsumsi makanan yang dibatasi kalori.