Alasan Utama Akhiri Kontrak : SM Gagal Memberikan Pembukuan yang Transparan ke EXO-CBX

EXO-CBX
Sumber :
  • Google Image

OlretEXO-CBX yang terdiri dari Chen, Baekhyun, dan Xiumin Exo akhirnya memutuskan kontrak dengan SM Entretainment. Awalnya memang tak banyak yang menyangka bahwa mereka akan mengambil keputusan ini.

11 Lagu K-Pop yang Paling Romantis, Cocok Didengarin Saat Valentine

Namun dilihat dari pernyataan dari pengacara mereka yaitu Lee Jae Hak, para EXO-L pun banyak yang mendukung keputusan dari para idola tersebut. Salah satu poin utama dari alasan mengapa mereka mengakhiri kontrak adalah SM yang gagal memberikan pembukuan yang transparan.

Berikut ini pernyataan lengkap tentang hal tersebut yang dikutip dari Koreaboo pada tanggal 2 Juni 2023.

Selain “The Crown Prince Has Disappeared,” Ini 5 Drama yang Dibintangi Suho EXO

Para artis menandatangani kontrak dengan SM selama 12-13 tahun dan dengan setia menjalankan aktivitasnya sebagai anggota EXO.

EXO-CBX

Photo :
  • Google Image
Lirik Lagu EXO "The First Snow", Lagu Legendaris Setiap Salju Pertama di Korea

Seperti disebutkan di atas, selama bertahun-tahun mereka telah masuk ke SM, para anggota telah mempercayai SM dalam hal pembayaran mereka dan telah menerima pembayaran mereka bersama dengan dokumen akuntansi yang disediakan oleh SM. Baru-baru ini, para artis, melalui pengacara mereka, telah beberapa kali meminta kuitansi akuntansi, tetapi SM telah menyatakan bahwa mereka tidak akan mampu.

SM diwajibkan oleh undang-undang untuk memberi artisnya riwayat lengkap pendapatan yang dihasilkan, biaya yang dikenakan pengurangan pajak, dan jumlah pengurangan. Karena kontrak eksklusif tersebut menyatakan bahwa para artis menerima penyelesaian pembayaran dua kali setahun, penghitungan penuh juga harus diberikan dua kali setahun. Namun, selama 12-13 tahun mereka dikontrak oleh SM, agensi tidak pernah memberikan dokumen tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title