Bukan Asam Sulfat! Inilah 5 Manfaat Asam Folat Untuk Janin Dan Ibu Hamil

Asam Folat
Sumber :
  • freepik.com

Olret –Sekarang ini sedang trending kesalahan penyebutan Asam Folat menjadi Asam Sulfat oleh Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka untuk mencegah stunting. 

5 Kebiasaan Sederhana Ibu Hamil Yang Bisa Membuat Janin Sehat dan Kuat

Namun, terlepas dari kesalahan penyebutan tersebut, Asam Folat ternyata memang berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sejak dalam kandungan sampai anak tumbuh besar. Lebih lengkapnya yuk cari tahu apa itu Asam Folat dan manfaatnya untuk Janin dan Anak

Apa Itu Asam Folat? 

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang perlu dicukupi dengan baik oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan terdapat sejumlah manfaat asam folat untuk ibu hamil, di antaranya pembentukan sistem saraf janin, pembentukan plasenta, mencegah anemia, mencegah keguguran, hingga menurunkan risiko preeklamsia.  

Viral! 3 Tahun Tak Bisa Move On, Akhirnya Dilamar Mantan Pacar Juga

Jumlah asupan asam folat yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah sekitar 600 mikrogram (mcg) setiap hari. Untuk ibu hamil yang pernah melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf, asupan asam folat harian perlu ditingkatkan hingga sebanyak 4.000 mcg.

Pada intinya, asam folat sangat berperan penting sebelum dan semasa kehamilan karena membantu mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi. 

Viral! Pacaran 11 Tahun Tak Menjamin Berjodoh, Pria Ini Ditinggal Menikah Pacarnya

Lebih jelasnya, inilah beberapa manfaat asam folat bagi janin. 

Halaman Selanjutnya
img_title