Mengapa Lidah Saya Perih Saat Makan Nanas?

Nanas
Sumber :
  • freepik.com

OlretNanas merupakan buah yang disukai banyak orang. Selain rasanya yang manis dan asam membuat pemakannya merasa segar. Nanas juga kaya akan manfaat seperti buah-buahan lainnya.

8 Manfaat Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan

Namun banyak orang yang makan nanas mengeluh lidahnya perih. Atau gatal di sekitar bibir seperti itu. Hal ini membuat masyarakat tidak terlalu menyukai jenis buah ini.

Lalu apa penyebab gejala ini? Hari ini, dilansir dari kantor berita I.N.N akan datang untuk menjawab pertanyaan tersebut. Mengapa lidah saya perih saat makan nanas? Lantas, adakah cara makan nanas tanpa membuat lidah terbakar? Mari kita cari jawabannya bersama-sama.

Manfaat nanas

10 Minuman Sehat Untuk Musim Panas

Pertama-tama, kita harus mengenalkan semua orang tentang manfaat nanas. Nanas kaya akan Vitamin dan mineral antara lain vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam folat, kalsium, kalium, mangan, fosfor dan zat besi, dll.

Selain itu, nanas juga membantu dalam menutrisi kulit agar selalu bersinar dan cerah. Ini juga membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Membantu memperlambat keriput dan penuaan juga.

Mengapa makan nanas membuat lidah terbakar?

Alasan mengapa kita merasakan sensasi terbakar saat makan nanas adalah karena nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yaitu enzim yang memiliki kemampuan untuk memecah protein. Tidak membiarkan protein tertinggal di usus Protein yang melapisi permukaan lidah dicerna dan menimbulkan sensasi terbakar.

Halaman Selanjutnya
img_title
Kenali Herpes, Penyakit Menular Tanpa Hubungan Seks. Itu Bisa Terjadi!