5 Strategi Mengatasi Kebosanan Kronis Menurut Psikolog

Strategi Mengatasi Kebosanan Kronis Menurut Psikolog
Sumber :
  • Freepik.com

Olret – Menurut definisi kamus, kebosanan didefinisikan sebagai "keadaan lelah dan gelisah karena kurangnya minat." Dalam literatur psikologis, kebosanan juga telah didefinisikan sebagai "keadaan gairah dan ketidakpuasan yang relatif rendah, yang dikaitkan dengan situasi yang tidak cukup merangsang."

Jangan Disepelekan! Ini 4 Rahasia Bisa Nyaman saat Sendirian

Keadaan atau kebosanan berumur pendek sebagaimana dimaksud dalam definisi di atas merupakan perasaan manusiawi yang bersifat sementara. Contohnya mungkin termasuk merasa gelisah dan muak selama perjalanan panjang dengan mobil atau merasa lesu dan tidak bersemangat karena harus menyelesaikan pekerjaan atau tugas rumah yang tidak menarik atau menantang kita.

Namun, begitu kita beristirahat atau menyelesaikan perjalanan atau tugas yang dimaksud, perasaan bosan seperti itu biasanya mereda dan terlupakan.

5 Kebiasaan Sederhana Ibu Hamil Yang Bisa Membuat Janin Sehat dan Kuat

Pada tingkat frekuensi dan intensitas tertentu, kebosanan belum tentu merupakan hal yang buruk karena dapat merangsang kita untuk mengubah situasi atau mencari tujuan dan tantangan baru.

Namun, kebosanan kronis, yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, dapat menghadirkan masalah serius di mana seseorang terjebak dalam kebiasaan merasa tidak terstimulasi sementara kekurangan energi dan inspirasi untuk mengubah situasi mereka.

10 Drama Korea Zombie Seperti Kingdom, All of Us Are Dead Hingga Parasyte: The Grey

Kebosanan kronis atau sangat rentan terhadap kebosanan (dikenal sebagai kebosanan) juga terkait dengan masalah perilaku dan kesehatan mental seperti kemarahan dan permusuhan, gangguan keterampilan sosial dan hubungan, gangguan penggunaan narkoba dan alkohol, masalah perjudian, masalah kinerja kerja, gangguan makan. , depresi, dan kecemasan.

Berikut ini mencerminkan lima strategi yang dapat membantu mengatasi kebosanan kronis untuk menyalakan kembali gairah hidup dan petualangan kamu yang dijelaskan oleh William Van Gordon, Ph.D. seorang Psikologi Kontemplatif dalam tulisannya di psychologytoday.

Halaman Selanjutnya
img_title