Memahami Bagaimana Citra Tubuh Memengaruhi Kesehatan Mental

citra tubuh
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Kita bisa saja menyebut pikiran dan perasaan kita terhadap tubuh kita sebagai “citra tubuh”. Secara umum, perasaan kita terhadap diri kita sendiri, serta kesehatan mental dan kesejahteraan kita secara keseluruhan, dapat dipengaruhi oleh gagasan dan emosi yang kita miliki terhadap tubuh kita.

5 Ritual Yang Membuat Pikiranmu Kembali Jernih Dan Lebih Kreatif

“Di Instagram dan situs lain ada gambaran kasual tentang tubuh sempurna. Penampilan visual tentang bagaimana seseorang menarik perhatian seseorang. Biasanya kesan pertama terlihat dari penampilan dan hal-hal lain menyusul. Itu mempengaruhi harga diri. Remaja dan kaum muda khususnya menghadapi masalah ini karena harga diri mereka sangat dipengaruhi oleh penampilan. Cara mereka dipandang dan dihargai oleh teman sebaya juga berperan,” komentar Dr. Pallavi Joshi, konsultan psikiater di Manipal Hospital Varthur Road yang bersama kami hari ini untuk berbagi beberapa wawasan tentang bagaimana kesehatan mental dipengaruhi secara signifikan oleh citra tubuh seperti dikutip dari pinkvilla.

Ia melanjutkan dengan menyatakan dampak masalah tubuh terhadap kesejahteraan pribadi, dengan mengatakan, " Jika itu adalah citra tubuh yang positif, maka sebagian besar orang akan terhindar dari depresi, kecemasan, dan gangguan makan. Jika itu adalah citra tubuh yang negatif, hal itu dapat menyebabkan stres, depresi. , sulit tidur dan pola makan yang tidak sehat dll. Apa yang dihargai di masyarakat, mungkin kulit putih dan tubuh kurus serta apa yang ditampilkan di media juga dapat mempengaruhi pikiran individu tersebut. Jika orang tersebut sudah mengalami depresi atau kecemasan, perasaan rendah diri bisa menjadi dominan.”

Mengapa masalah citra tubuh berkembang?

Karena Beras Dan Cabe Tak Bisa Di Beli Dengan Cinta, Jadi Bekerja Keraslah Untuk Keluarga

citra tubuh

Photo :
  • freepik.com

Citra tubuh dipengaruhi oleh berbagai faktor, bukan hanya satu faktor. Konteks keluarga, kemampuan atau kelemahan, sikap sosial, platform media, latar belakang budaya, dan banyak lagi termasuk di antara pengaruh-pengaruh ini.

Kurangi Insecure, Dengan Lebih Mencintai Diri Sendiri

"Bagaimana masa kecil orang tersebut dihabiskan? Apakah orang tersebut diintimidasi di sekolah karena kulit atau berat badannya? Itu penting. Bagaimana ketahanan anak tersebut? Bagaimana dia memandang dirinya sendiri? Jika harga diri tinggi dari awal?" Dr Pallavi yang mendaftar beberapa elemen yang mempengaruhi, mengatakan ini.

Banyak perhatian yang diberikan kepada anak mengenai penampilan baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidak ada orang tua yang memberikan tekanan langsung pada anaknya, namun secara tidak sengaja mereka mengatakan bahwa anaknya terlalu berkulit gelap atau kelebihan berat badan, yang dapat menyebabkan rasa rendah diri dan kemudian menimbulkan gangguan citra tubuh.

Halaman Selanjutnya
img_title