Melihat Proyek Rehabilitasi Gibbon, Konservasi Satwa Liar di Phuket

Proyek Rehabilitasi Gibbon
Sumber :

Olret – Proyek Rehabilitasi Gibbon (GRP) beroperasi di hutan tropis tua di sekitar air terjun Bang Pae, Phuket. Sejak tahun 1992, upaya konservasi satwa liar bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan owa yang diburu atau dianiaya.

7 Makanan Thailand Terbaik di Phuket, Yummy Bangat!

Staf dan sukarelawan GRP merawat makhluk-makhluk ini, melepaskannya ke alam liar setelah mereka direhabilitasi. Seorang pemburu rata-rata menghancurkan 3 keluarga siamang, mengambil bayinya hidup-hidup untuk dijual sebagai hewan peliharaan. GRP bertujuan untuk mengakhiri praktik gelap ini.

Informasi Seputar Proyek Rehabilitasi Gibbon

Proyek Rehabilitasi Gibbon

Photo :
  • -
Mengintip Keindahan Taman Saphan Hin Phuket , Taman Tepi Laut Phuket

Owa bertangan putih dulunya adalah spesies owa yang paling umum di Thailand, tetapi tidak banyak yang tersisa di hutan karena perburuan. Owa muda, dengan mata besar dan perilaku kekanak-kanakan, menarik bagi orang-orang – sulit untuk tidak tertarik pada kelucuan mereka saat melihatnya untuk pertama kali.

Namun seiring bertambahnya usia owa, lebih kuat, lebih agresif, dan kurang lucu, 'pemilik' mereka sering kali tidak lagi menggunakannya. Mereka menyerahkannya kepada GRP atau mengabaikannya begitu saja.

Proyek ini memiliki lebih dari 60 owa di bawah perawatannya. Pendatang baru awalnya disimpan di unit karantina, di mana mereka diuji untuk penyakit apa pun. Setelah dibersihkan, mereka dipindahkan ke kandang yang lapang untuk observasi, memungkinkan mereka untuk menyesuaikan diri dengan alam. Sebelum dilepaskan, para staf memindahkan owa-owa itu jauh ke dalam hutan, jauh dari manusia.

Proyek Rehabilitasi Gibbon memiliki gabungan staf lokal dan sukarelawan asing yang bekerja di pusat tersebut. Menurut pawang, owa sangat mirip dengan manusia. Mereka tidak dapat diprediksi dan memiliki emosi.

Sayangnya, owa yang direhabilitasi memiliki tingkat kelangsungan hidup 50:50 setelah dilepaskan di alam liar. Setelah beberapa upaya pelepasan, pelepasan pertama mereka yang berhasil adalah pada tahun 2002. Meskipun ada tantangan, fasilitas Phuket adalah satu-satunya di dunia dengan tingkat keberhasilan yang cukup besar dalam merehabilitasi dan melepaskan siamang.

Hal yang harus kamu tahu tentang Proyek Rehabilitasi Gibbon

Halaman Selanjutnya
img_title
9 Kuil yang Wajib Dikunjungi di Phuket, Penuh Sejarah dan Ketenangan