5 Cara Mengatur Keuangan Saat Inflasi, Mulai Membuat Anggara ya!

Cara Mengatur Keuangan Saat Inflasi
Sumber :
  • freepik.com

Olret –Setiap tahun di berbagai negara selalu terjadi inflasi, termasuk Indonesia. Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2023 terjadi inflasi year on year (y-on-y) sebesar 3,27 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 115,22.

4 Alasan Utama Penyebab Pengajuan Pembiayaan Mobil Gagal

Inflasi tertinggi terjadi di Manokwari sebesar 6,40 persen dengan IHK sebesar 122,04 dan terendah terjadi di Jambi sebesar 1,92 persen dengan IHK sebesar 116,37.

Banyak faktor yang menyebabkan inflasi di Indonesia, di antara faktor tersebut adalah adanya kenaikan harga pangan seperti makanan dan minuman. Bukan hanya itu, inflasi juga ternyata dipengaruhi oleh pengeluaran untuk keperluan rumah seperti listrik, ari dan  bahan bakar.

Apa Itu Inflasi?

Bukannya Tak Memiliki Rasa yang Sama, Namun Kuserahkan Segalanya Kepada Ilahi

Secara singkat, Inflasi merupakan kenaikan harga, yang dapat diartikan sebagai penurunan daya beli dari waktu ke waktu. Tingkat penurunan daya beli dapat tercermin dalam kenaikan harga rata-rata sejumlah barang dan jasa tertentu selama periode waktu tertentu.

Kenaikan harga, yang sering dinyatakan dalam persentase, berarti suatu unit mata uang secara efektif membeli lebih sedikit dibandingkan periode sebelumnya. Inflasi dapat dikontraskan dengan deflasi, yang terjadi ketika harga-harga menurun dan daya beli meningkat.

Bagaimana cara mengatur keuangan saat terjadi inflasi?

Halaman Selanjutnya
img_title
Sebelum Menikah, Pahami Inilah 7 Persoalan Rumah Tangga Yang Kerap Jadi Penyebab Perceraian!