Verbal Abuse, Kekerasan Verbal yang Kerap Dilakukan Orangtua pada Anak Tanpa Disadari

Verbal Abuse pada anak
Sumber :
  • https:www.pinterest.com

Olret – Hai Moms, peluk jauh buat semua ibu yang merasa lelah mengurus anak, yang merasa capek mengurus rumah dan tingkah laku si Kecil yang sulit di atur sehingga memancing emosi moms dan tanpa disadari sering membentak anak.

4 Ciri Utama Pria Yang Pantas Jadi Ayah Dari Anak-anakmu Nanti

Moms, Sering kali ketika marah, seorang ibu lepas kendali. Membentak  bahkan tak jarang ada ibu yang memberi cubitan atau pukulan kepada anak sebab sudah tidak mampu menahan emosi lagi. Meskipun setelahnya seorang ibu akan menyesali perbuatannya dan meminta maaf kepada anak, namun biasanya akan terulang lagi, meminta maaf lagi, menyesal dan meledak-ledak kembali.

Tahukah moms jika apa yang dilakukan oleh orangtua yang suka membentak diikuti dengan perkataan-perkataan marah lainnya merupakan bentuk sebuah kekerasan dan berdampak pada emosional anak.

KEKERASAN ITU BUKAN SEKEDAR MEMUKUL FISIK

Sebelum Memaksakan Kehendak Kepada Sang Anak, Orangtua Juga Perlu Tahu Hal Ini!

Kebanyakan dari moms mungkin  tahunya kekerasan itu bersifat fisik semata, lebam atau luka namun kekerasan pada anak ada beberapa jenis. Seperti yang dikutip dalam laman youtubenya, Ani Rakhmaningrum, M.Psi, seorang Psikolog Expert Dunia Parenting Indonesia, menjelaskan jika kekerasan pada anak ada beberapa jenis  yaitu Kekerasan Fisik, Kekerasan Verbal atau kekerasan secara emosional atau psikis, Kekerasan Seksual dan terakhir yang kerap tidak disadari yaitu Pengabaian dimana orangtua atau pengasuh yang tidak memberi hak-hak dasar yang dimiliki anak.

Dikutip dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dalam laman resminya bankdata.kpai.go.id, mengatakan kekerasan Verbal (verbal abuse) adalah perilaku kasar dengan kata-kata dan/atau intonasi yang kurang menyenangkan. 

Sudah Tahu? Ini 3 Ciri Orang yang Mempunyai Mental Lemah

Dan bentakkan, mengatai anak bodoh dan semisalnya yang sering di ucapakan oleh orangtua pada anak  termasuk dalam kekerasan emosional atau verbal.

Halaman Selanjutnya
img_title