Bau Mulut Saat Puasa? Gunakan 4 Tips Ampuh Untuk Mengatasinya

Bau Mulut Saat Puasa
Sumber :
  • freepik

Olret –  “Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk (kasturi).” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Bukan Rumah Mewan, Namun Pangkuan Dan Pelukan Ibu Tempat Terbaik Untuk Pulang

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadis di atas, bahwa sesungguhnya bau mulut orang yang sedang berpuasa, ternyata jauh lebih wangi daripada bau minyak misk atau kasturi di sisi Allah. Hal ini terjadi, sebab puasa sendiri mempunyai banyak keutamaan saat menjalaninya.

Oleh sebab itu, untuk kamu yang sedang berpuasa, sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir pada bau mulutmu. Hanya saja, jika kamu merasa kurang pede atau takut menganggu orang lain sebab bau mulut yang tak mengenakkan. Tentu saja, ada beberapa cara untuk mengurangi atau mengatasinya.

Daripada Mengeluh Lebih Baik Berdoa, Semoga Segalanya Allah Mudahkan

Apalagi, Meski bau mulut orang berpuasa lebih wangi di sisi Allah. Tetap lebih baik, jangan sampai hal itu secara tidak langsung menzalimi orang lain yang kita ajak bicara atau berkomunikasi.

Khususnya bagi kamu, yang memang menjalani profesi yang mewajibkan berhubungan langsung dengan orang lain. Selain itu juga, sebagai wujud tenggang rasa dan toleransi umat beragama.

Batas Kuatmu Allah Selalu Tahu, Maka Bertahanlah Meski Saat Ini Menyakitkan

Bau mulut saat berpuasa itu terjadi karena mulut yang kering, sebab tidak makan dan minum selama beberapa jam. Sehingga produksi air liur berkurang. Air liur berperan penting untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal dalam rongga mulut sebab mengandung enzim anti bakteri alami.

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi dan mengurangi bau mulut, meski saat sedang menjalankan ibadah puasa. Diantaranya

Halaman Selanjutnya
img_title