Emang Bisa? Ini 3 Keunggulan Kaum Pendiam Memimpin

3 Keunggulan Kaum Pendiam Memimpin
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Bisa saja banyak orang yang mengatakan kalau orang pendiam kesulitan bahkan tidak bisa menjadi seorang pemimpin. Tapi tunggu dulu, nyatanya mereka juga bisa lho menjadi pemimpin yang hebat kalau memiliki kemampuan ini, yakni inovatif, kreatif, dan mampu memecahkan masalah. 

Drama Korea To My Haeri Diperankna Oleh Shin Hye Sun dan Lee Jin Wook

Mungkin saja banyak orang yang mengatakan kalau orang yang ekstrovert akan memiliki karismatik dan lebih layak menjadi seorang pemimpin ketimbang orang introvert atau pendiam. 

Bahkan ada banyak orang yang memberikan pujian kepada orang ekstrovert karena penuh percaya diri, lebih gampang berbicara, menarik perhatian, dan memimpin dengan gaya yang berapi-api. 

5 Alasan Pisces Selalu Lebih Menyukai Sendiri, Apakah Benar?

Namun, apakah pemimpin yang ekstrovert menjadi satu-satunya kunci kesuksesan. Sebelum lebih jauh berpendapat seperti, ada baiknya kamu perlu mengetahui setidaknya ada 3 keunggulan introvert dalam memimpin sebagaimana dilansir dari akun Instagram @pemimpin.indonesia. 

1. Mendengarkan dengan mendalam

5 Hal Ini Harusnya Membuatmu Bersyukur Jadi Introvert

Pemimpin yang introvert biasanya akan mendengarkan dengan penuh perhatian, memahami kebutuhan, dan mengapresiasi setiap aspirasi dari anggotanya. Keterampilan mendengarkan yang kuat ini bisa membantu pemimpin introvert dalam membangun hubungan yang inklusif dan erat dengan anggota yang dipimpinnya. 

2. Pendekatan yang tenang

Halaman Selanjutnya
img_title