Ketika Sudah Memaafkan Tapi Tidak Bisa Melupakan, Apakah Hati Belum Ikhlas?

Memaafkan tapi tidak bisa melupakan
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Ketika kamu sudah memaafkan seseorang yang berbuat salah kepadamu, namun sering kali masih ada yang mengganjal dalam pikiran, bahkan sering muncul pertanyaan-pertanyaan demikian; "Aku sudah memaafkan dia, kok! Tapi, aku masih belum bisa bersikap seperti biasanya. Apa aku tidak bisa melupakan kejadian itu, kenapa ya? Apa aku belum ikhlas?" Apakah kamu pernah punya pertanyaan seperti itu? Jadi kenapa kamu sudah memaafkan, Tapi tetap tidak bisa melupakan?

Memaafkan sama dengan melupakan?

6 Perilaku yang Menandakan Pacarmu Diam-diam Pacaran dengan Orang Lain

Maaf

Photo :
  • freepik.com

Apakah memaafkan sama dengan melupakan? Selama ini, kata "memaafkan" sering kali disandingkan dengan kata "melupakan". Seakan-akan kalau kita sudah memaafkan tapi belum melupakan, itu artinya kita tidak ikhlas dalam memaafkan.

Manusia mempunyai ingatan

Jangan Terbebani Dengan Segala Cacian, Tapi Jadikan Pecutan Agar Kamu Lebih Semangat Berjuang

Tapi, apakah benar kalau kita ikhlas memaafkan bisa membuat kita lupa akan kejadian buruk tersebut? Dilansir dari @personalitydoc, kenyataannya manusia mempunyai ingatan, otak manusia itu punya memori yang juga berfungsi sebagai sensor bahaya. Memori ini akan merekam dan menyimpan pengalaman-pengalaman tidak menyenangkan dan perasaan kita yang tersakiti akibat kejadian itu.

Memaafkan dengan ikhlas itu bukan berarti melupakan

Halaman Selanjutnya
img_title