Sadari! 6 Tanda Kamu Sedang Dimanipulasi Secara Emosional

Teman manipulator
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Dewasa ini dalam sebuah hubungan baik itu sosialisasi, pertemanan atau pun percintaan, tak jarang ditemui adanya orang yang memiliki sifat manipulasi. Si manipulator ini sangat meresahkan dan dapat mempengaruhi pola pikir dan emosional kamu, bisa juga dikatakan tindakan manipulasi emosional.

6 Subtipe Gaya Pola Asuh Anak, Mana yang Cocok Untuk Kamu?

Hati-hati dan segera sadarilah! Ambil langkah untuk berjarak dengan keberadaannya, demi menjaga kesehatan mental kamu. Melansir dari meaningful.me, berikut ada 6 tanda kamu sedang dimanipulasi secara emosional.

1. Kamu merasa insecure

Pertemanan toxic

Photo :
  • freepik.com
7 Ciri Pria High Value Man. Cocok Jadi Tipe Pria Idaman!

Seorang manipulator emosional dapat menggunakan rasa tidak aman (insecurity) kekurangan atau kelemahan, dan ketakutan untuk menjatuhkanmu. Manipulasi jenis ini bisa juga dibungkus dengan pujian. Misalnya, seseorang berkata; "hari ini kamu terlihat cantik memakai baju itu, jadi tidak terlihat gemuk seperti biasanya." Mendengar kata-kata itu, kamu mungkin jadi merasa bahwa dia tidak memuji dengan tulus. Sebab, menyebut kelemahan kamu yang dia lihat sebelumnya. Alih-alih senang, kamu mungkin justru terluka dengan ucapannya. Inilah contoh manipulasi emosi menggunakan insecurity.

2. Kamu meragukan ingatan, sudut pandang atau kewarasan sendiri

Gashlighting merupakan salah satu bentuk penyiksaan secara psikologis yang dilakukan dengan melemahkan rasa percaya diri korban sehingga membuat mereka mempertanyakan ingatan, sudut pandang atau kewarasan mereka. Contohnya, ketika kamu mencoba mengungkapkan keberatanmu terhadap sikap pasangan, ternyata responnya justru menyudutkan, seperti; "ah, kamu begitu saja baper" atau "jangan terlalu sensitif lah!"

Halaman Selanjutnya
img_title
4 Alasan Wanita Dengan Karir Cemerlang Seringnya Tidak Beruntung Dalam Urusan Percintaan