5 Trik Mengatur Keuangan ala Frugal Living, Nomer 4 Harus Dikakukan!

Ilustrasi mengatur keuangan
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@tima-miroshnichenko

Orlet - Mengadaptasi gaya hidup frugal living dalam mengelola keuangan kita dapat mendatangkan banyak manfaat. Salah satunya bisa bikin kita mandiri secara finansinal sedini mungkin.

Jangan Minder, Cantik Itu Gampang. Justru Yang Susah adalah Punya Inner Beauty

Berhemat tidak sama dengan pelit. Kita tetap bisa menikmati hasil jerih payah untuk menyenangkan diri sendiri serta keluarga tanpa merasa menabung adalah beban.

Frugal living memaksa kita mengalokasikan dana yang dimiliki untuk membiayai kebutuhan sesuai yang kita perlukan bukan keinginan yang seringkali berujung pemborosan.

4 Alasan Utama Penyebab Pengajuan Pembiayaan Mobil Gagal

Oleh karena itu, perencanaan keuangan harus dilakukan. Inilah lima trik mengatur keuangan dengan frugal living yang bisa kalian praktikkan.

1. Menyusun Rencana Keuangan

Mulailah membuat budget berisi pos-pos pemasukan dan pengeluaran selama satu bulan. Mulai dari beban-beban yang perlu dibayar seperti air, listrik, telepon kemudian kebutuhan untuk makan, perlengkapan mandi serta evaluasi pada pembiayaan harian yang bisa saja membengkak.

Rejeki Selalu Ada! Karenanya, Jangan Takut Ngontrak Setelah Menikah dan Hidup Mandiri

Penting untuk mendahulukan dana khusus tabungan agar jangan sampai tercampur dengan uang yang digunakan untuk membiayai kehidupan sehari-hari dan jangan lupa sisihkan uang untuk dana darurat supaya dalam keadaan mendesak tidak perlu merogoh tabungan.

Halaman Selanjutnya
img_title