Suwardji, Pembina Porang yang Mengatasi Kemiskinan, Pengangguran, dan Kerusakan Lingkungan di KLU

Ilustrasi Porang
Sumber :
  • Halodoc

OlretPorang atau lebih dikenal sebagai iles-iles adalah umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Tanaman herbal ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan shirataki atau tepung. 

Nur Rahmi Yanti, Pelopor Usaha Shorgum NTB dengan Omset Ratusan Juta di Era Pandemi

Melansir Halodoc, porang memiliki batang bercorak belang hijau putih, dan daun hijau muda lebar berujung runcing. Tanaman ini mengandung lemak, protein, mineral, vitamin, karbohidrat, kristal, kalsium oksalat, alkaloid, sekaligus serat glukomanan yang lebih tinggi dibanding jenis umbi lainnya.

Akibat karbohidrat kompleks yang dikandungnya, mengkonsumsi porang bisa membuat seseorang memiliki energi lebih optimal, berat badan terjaga, gula darah stabil, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

5 Fakta Max Saran Rujeerattanavorapan, Pelatih Judo di Close Friend Series

Ilustrasi Tanaman Porang

Photo :
  • Antara News

Di Indonesia sendiri, penghasil porang terbesar berasal dari NTB. Hal ini tidak terlepas dari sumbangsih Suwardji  Ph. D di Laboratorium di Laboratorium Lapangan Pertanian Lahan Kering Fakultas Pertanian UNRAM Desa Akar Akar Kecamatan Bayat Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, yang membina petani setempat.

Kisah Kanok Kanokpol Moonhong dan Mix Chayut Amatayakun di Top Secret Together

Kegigihan dan ide brilian Suwardji dalam meningkatkan nilai ekonomi porang membuatnya menerima apresiasi DSA (Desa Sejahtera Astra) di tahun 2021 silam.

DSA sendiri adalah program kontribusi sosial Astra di bidang kewirausahaan di wilayah penerima. Program ini memberi pendampingan bagi masyarakat desa, mulai dari pelatihan, penguatan kelembagaan, bantuan prasarana, hingga fasilitasi akses modal dan pemasaran produk.

Halaman Selanjutnya
img_title