Baru Tahu! Inilah 7 Cara Agar Terlepas Dari Dosa Ghibah

Ghibah
Sumber :
  • https://www.freepik.com/

Olret –Gosip atau lebih dikenal dengan sebutan ghibah, tak luput dari masyarakat sejak dahulu hingga jaman modern saat ini. Ghibah sendiri secara bahasa berasal dari bahasa arab yang berarti 'menggunjing'. Menurut agama Islam ghibah adalah tergolong sebuah dosa. Jika pembicaraan jahat tentang seseorang tidak benar, maka dosanya disebut buhtan, yaitu dosa yang lebih besar daripada ghibah.

Belajar Diam Itu Lebih Baik, Apalagi Jika Sedang Menghadapi 5 Situasi Ini

Dalam Al-Qur'an dan hadits Nabi Muhammad SAW, konsep ghibah disamakan dengan memakan bangkai saudaranya sendiri. Di Indonesia sendiri, tradisi Ghibah sudah menjadi trend. Baik yang dilakukan secara bisik-bisik, maupun secara terang-terangan melalui media sosial. Tak heran jika Indonesia dikenal dengan mulut tajam para netizen-nya.

Lalu, bagaimana cara kita ingin bertaubat jika sudah sering kali melakukan Ghibah? Berikut cara yang dapat diampuni oleh Allah SWT:

1. Minta maaf sama orang yang digibahi

Tak Terduga, Pacarnya Dian di Flim "Tilik", Suaminya Bu Lurah?

Rasulullah SAW bersabda; Ghibah itu lebih berat dari zina, seorang sahabat bertanya, “bagaimana bisa?.” Rasulullah SAW menjelaskan, “Seorang laki-laki yang berzina lalu bertaubat, maka Allah bisa langsung menerima taubatnya. Namun pelaku ghibah tidak akan diampuni sampai dimaafkan oleh orang yang digibahinya”. (HR. At-Thabrani)

2. Memohon ampun dengan berdoa

Mintain ampun orang yang sudah kita ghibahi, dengan doa ini:

Halaman Selanjutnya
img_title
6 Jenis Maksiat Yang Sering "Dihalalkan" Sebagian Perempuan