Memahami Makna Khitbah (Lamaran), Khitbah Adalah Pertunangan?

Makna Khitbah
Makna Khitbah
Sumber :
  • Instagram

Olret – Istilah yang sering kita dengar bagi seseorang yang hendak melamar adalah kata khitbah. Tak sedikit yang menganggapnya serupa seperti pertunangan padahal pada keduanya terdapat sebuah perbedaan yang signifikan. Sebelum melihat kepada perbedaan secara istilah tersebut, akan lebih tepat jika kita membahas definisi dari khitbah itu sendiri.

1. Definisi Khitbah

Khitbah berasal dari kata khataba yang memiliki tiga makna yakni: jelas, singkat dan padat. Maksud dari makna jelas, ketika seorang mengkhitbah maka harus jelas maksud dan tujuannya bahwa ia akan menikahi seorang perempuan, sedangkan arti dari singkat dan padat, jika telah melangsungkan peminangan maka alangkah baiknya menyegerakan waktu akad, agar supaya tidak ada kekhawatiran akan terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Maka definisi khitbah adalah permintaan atau permohonan seseorang kepada wanita untuk menikahinya. Tidak ada peredaan antara definisi secara bahasa ataupun istilah.

2. Khitbah Adalah Pertunangan?

Makna Khitbah

Makna Khitbah

Photo :
  • Instagram

Ada beragam terjemahan pada konotasi khitbah dalam bahasa Indonesia, antara lain bermakna melamar atau meminang. Namun secara konteks, khitbah tidak selalu sama dengan pertunangan.

Halaman Selanjutnya
img_title