20 Tips Menurunkan Berat Badan Terbaik untuk Gaya Hidup Sehat

Tips Menurunkan Berat Badan Terbaik
Sumber :
  • U-Repot

Olret – Apakah Anda frustrasi tentang kenaikan berat badan tetapi tidak tahu alasan di baliknya? Anda tentu tidak sendirian. Sementara memanjakan diri secara berlebihan seringkali merupakan elemen paling penting yang mengarah pada penambahan berat badan, variabel lain, seperti stres, tahapan kehidupan, pekerjaan, dan bahkan jenis kelamin, semuanya berperan.

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak tidak diragukan lagi merupakan penyebab utama kenaikan berat badan dan penyakit kronis. Selain itu, obesitas adalah rumah bagi banyak masalah kesehatan. Tetapi alasan mengapa Anda menambah berat badan bisa sangat bervariasi.

Dan memiliki tips penurunan berat badan utama dan wawasan tentang penambahan berat badan di usia 30-an akan membantu Anda kembali ke jalur semula.

Membedakan Penurunan Berat Badan dan Penambahan Berat Badan pada Pria dan Wanita

Anatomi kita berbeda; fisiologi berbeda, dan begitu pula tindakan kita. Tetapi apakah perbedaan ini juga tercermin dalam kapasitas kita untuk menambah atau menurunkan berat badan? Jika Anda menjawab ya, Anda benar.

Seharusnya cukup untuk mengatakan bahwa tubuh wanita menyimpan lemak berbeda dari pria. Misalnya, wanita cenderung menyimpan lemak di sekitar paha dan pinggul. Sedangkan pria cenderung memiliki lemak perut yang lebih signifikan. Dengan mengetahui hal ini, kita dapat menargetkan area penurunan berat badan.

Pria memiliki total massa otot yang lebih tinggi, sedangkan wanita memiliki total lemak tubuh yang lebih besar daripada rekan-rekan mereka. Sebagai contoh, seorang wanita akan memiliki lebih banyak lemak daripada pria untuk BMI (indeks massa tubuh) yang sama. Pria dan wanita berbeda bahkan pada tingkat lemak tubuh yang sehat.

Gaya Hidup Penyebab Kenaikan Berat Badan di Usia 30-an

Tips Menurunkan Berat Badan Terbaik

Tips Menurunkan Berat Badan Terbaik

Photo :
  • U-Repot

Ketika orang berusia 20-an, mereka energik, antusias, dan memiliki tanggung jawab yang lebih sedikit.

Akibatnya, mereka dapat fokus pada kesehatan mereka dan terlihat terbaik. Tetapi memasuki usia 30-an, terutama di akhir usia 30-an, kehidupan bisa menjadi lebih kompleks dengan meningkatnya tanggung jawab dan berkurangnya kekuatan fisik.

Akibatnya, fluktuasi berat badan yang tiba-tiba dapat dimulai sejak masa kuliah utama Anda, usia 20-an.

Kebiasaan makan yang tidak menentu, tidak berolahraga, dan pola tidur yang buruk adalah penyebab kenaikan berat badan. Pola ini sering tetap konstan bahkan sampai awal usia 30-an.

Kemudian berat badan naik karena perubahan fisiologis lainnya tepat saat Anda memasuki usia 30-an. Ini juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang resisten atau bahkan perjalanan penurunan berat badan Anda mencapai dataran tinggi.

Alasan Fisik untuk Kenaikan Berat Badan di Usia 30-an

Setelah usia 30 tahun, baik pria maupun wanita menghasilkan lebih sedikit hormon. Misalnya, estrogen, hormon yang mengatur periode menstruasi wanita, turun setelah usia 35 tahun.

Ini mungkin mengakibatkan kenaikan berat badan dan libido berkurang dari biasanya. Demikian pula, kadar testosteron pria juga menurun seiring bertambahnya usia. Sekali lagi, ini dapat mengakibatkan perubahan yang tidak menguntungkan, seperti peningkatan berat badan, terutama di sekitar perut.

Kita kehilangan otot seiring bertambahnya usia, jadi penambahan berat badan semakin menantang. Selain itu, tahap kehidupan tertentu seperti kehamilan selanjutnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan sebelum atau sesudah melahirkan, suatu kondisi yang cukup umum.

Hilangnya otot yang melekat menjadi progresif saat gaya hidup menetap mengambil alih. Sayangnya, ini bertindak sebagai pendamping korosif untuk perubahan fisiologis Anda yang terus-menerus.

Efek yang tidak bisa dihindari? Kenaikan berat badan di awal usia 30-an, yang terus meningkat setiap dekade baru.

20 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

1. Makan Makanan Rumahan

Tato ini di pikiranmu. Lagi pula, apa yang bisa lebih sehat daripada makanan yang disiapkan di rumah? Makanan yang seimbang sempurna mengandung semua makronutrien dan memenuhi kebutuhan hariannya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda, tingkat rasa kenyang Anda meningkat, dan Anda tidak menginginkan hal yang tidak perlu. Ini berarti Anda tidak akan mengonsumsi kalori ekstra, dan Anda akhirnya akan mulai menurunkan berat badan.