10 Efek Berbahaya Kopi yang Harus Kamu Ketahui

Efek Berbahaya Kopi
Sumber :
  • pixabay

Olret –Selain teh, kopi merupakan minuman sehat dan populer di banyak belahan dunia.

Toffin Insight: Referensi Edukasi & Bisnis F&B Terlengkap dari Toffin Indonesia

Beberapa orang meminum kopi setiap hari agar tetap waspada dan fokus dalam bekerja. Namun, kafein dalam dosis tinggi dalam minuman luar biasa ini dapat menyebabkan beberapa efek samping, bahkan berbahaya.

Yuk cari tahu bersama olret dampak buruk kopi jika dikonsumsi terlalu banyak untuk menghindari risiko yang tidak perlu!

1. Menyebabkan kecemasan dan stres

5 Alasan Betapa Pentingnya Mempercayai Diri Sendiri

Cara Mengatasi Stres Agar Tidak Menjadi Depresi

Photo :
  • freepik.com

Manfaat dan bahaya kopi menjadi perhatian banyak orang. Secara keseluruhan, minuman ini membawa banyak sekali efek signifikan, seperti membantu tetap waspada, mengurangi risiko stroke, mencegah penyakit Parkinson, meminimalkan risiko asam urat... Namun, jika Anda mengonsumsi kopi terlalu banyak, Kopi menimbulkan banyak efek berbahaya yang serius.

Kebanyakan jenis kopi mengandung kafein. Ini adalah zat yang meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, merangsang sistem saraf pusat. Bagi kebanyakan orang, mengonsumsi hingga 400mg kafein per hari tidak berbahaya. Namun, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi kafein, Anda bisa mengalami rasa cemas dan gugup.

7 Manfaat Kacang Hitam Bagi Kesehatan

Dengan kata lain, ini adalah gangguan kecemasan, salah satu dari empat sindrom yang disebabkan oleh kafein. Hal ini telah tercantum dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association.

Secara khusus, mengonsumsi kafein dalam jumlah yang sangat tinggi (1.000mg atau lebih per hari) dapat menyebabkan stres dan kegelisahan. Bahkan pada beberapa orang yang sensitif terhadap kafein, jumlah kecil sekalipun dapat menyebabkan masalah tersebut.

Selain itu, efek berbahaya kopi pada sistem saraf terbukti menyebabkan pernapasan menjadi cepat. Sebaliknya, bagi sebagian orang, minum kopi dalam jumlah sedang pun bisa membuat mereka stres jika meminumnya dengan cepat dalam sekali duduk.

Halaman Selanjutnya
img_title