10 Makanan Terbaik untuk Penderita Penyakit Ginjal

Makanan Terbaik untuk Penderita Penyakit Ginjal
Makanan Terbaik untuk Penderita Penyakit Ginjal
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Jika kamu memiliki kondisi atau penyakit ginjal, mungkin perlu mengikuti diet khusus. Namun, kamu masih bisa makan banyak sayuran sehat, buah, protein, dan minyak.

Penyakit ginjal adalah masalah umum yang mempengaruhi sekitar 10% populasi dunia. Ginjal adalah organ berbentuk kacang yang kecil namun kuat yang melakukan banyak fungsi penting. Mereka bertanggung jawab untuk menyaring produk limbah, melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, memproduksi urin, dan banyak tugas penting lainnya.

Ada berbagai cara di mana organ vital ini bisa rusak.

Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah faktor risiko paling umum untuk penyakit ginjal. Namun, obesitas, merokok, genetika, jenis kelamin, dan usia juga dapat meningkatkan risikonya.

Gula darah yang tidak terkontrol dan tekanan darah tinggi menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di ginjal sehingga mengurangi kemampuannya untuk berfungsi secara optimal.

Saat ginjal tidak berfungsi dengan baik, limbah menumpuk di dalam darah, termasuk produk limbah dari makanan. Oleh karena itu, penderita penyakit ginjal perlu mengikuti diet khusus.

Setiap orang dengan penyakit ginjal berbeda, oleh karena itu penting untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan tentang kebutuhan diet individu.Untungnya, banyak pilihan lezat dan sehat yang rendah fosfor, kalium, dan natrium.

Dilansir dari healthline, berikut adalah 20 makanan terbaik untuk penderita penyakit ginjal.

1. Kembang kol

Kembang Kol

Kembang Kol

Photo :
  • freepik.com/author/jcomp

Kembang kol adalah sayuran bergizi yang merupakan sumber nutrisi yang baik, termasuk vitamin C, vitamin K, dan vitamin B folat. Itu juga penuh dengan senyawa anti-inflamasi seperti indoles dan merupakan sumber serat yang sangat baik.

Plus, kembang kol tumbuk dapat digunakan sebagai pengganti kentang untuk lauk rendah kalium. Satu cangkir (124 gram) kembang kol matang mengandung natrium: 19 mg, kalium: 176 mg dan fosfor: 40 mg.

2. Blueberry

Manfaat Buah Blueberry

Manfaat Buah Blueberry

Photo :
  • unsplash.com

Blueberry dikemas dengan nutrisi dan salah satu sumber antioksidan terbaik yang bisa kamu makan. Secara khusus, berry manis ini mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin, yang dapat melindungi dari penyakit jantung, kanker tertentu, penurunan kognitif, dan diabetes.

Mereka juga merupakan tambahan yang fantastis untuk diet ramah ginjal, karena rendah sodium, fosfor, dan potasium. Satu cangkir (148 gram) blueberry segar mengandung  natrium: 1,5 mg, kalium: 114 mg dan fosfor: 18 mg.

3. Ikan Kakap laut

Ikan bass adalah protein berkualitas tinggi yang mengandung lemak sehat yang disebut omega-3. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan dapat membantu mengurangi risiko penurunan kognitif, depresi, dan kecemasan.

Sementara semua ikan mengandung fosfor yang tinggi, bass laut mengandung jumlah yang lebih rendah daripada makanan laut lainnya. Namun, penting untuk mengonsumsi porsi kecil untuk menjaga kadar fosfor Anda tetap terkendali.

Kandungan tiga ons (85 gram) ikan kakap matang terdiri dari natrium: 74 mg, kalium: 279 mg dan fosfor: 211 mg.

4. Anggur merah

Anggur merah tidak hanya enak tetapi juga memberikan banyak nutrisi dalam kemasan kecil. Mereka tinggi vitamin C dan mengandung antioksidan yang disebut flavonoid, yang telah terbukti mengurangi peradangan.

Selain itu, anggur merah tinggi resveratrol, sejenis flavonoid yang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung dan melindungi dari diabetes dan penurunan kognitif. Buah manis ini ramah ginjal, dengan setengah cangkir (75 gram) mengandung natrium: 1,5 mg, kalium: 144 mg dan fosfor: 15 mg.

5. Putih telur

Halaman Selanjutnya
img_title