4 Tanaman yang Berguna Bagi Kesehatan Bayi Berdasarkan Warisan Leluhur, Mitos atau Fakta?

Daun sirih yang sangat berguna bagi kesehatan
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@nguyendesigner

Orlet - Bayi memang masih rentan terserang sakit sebab sistem imunnya belum sekuat orang dewasa. Selain itu, menurut kepercayaan orang-orang tua zaman dahulu hingga kini diturunkan kepada anak cucu, bahwa ada beberapa sakit yang dialami bayi berbeda dengan penjelasan secara medis. Contohnya penyebab suleten, adanya sawan bayi. 

5 Cara Mengontrol Pola Makan Tanpa Mengganggu Kesehatan

Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat Jawa mempercayai adanya pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan kedua orang tua bayi, mulai dari mengandung hingga setelah melahirkan. Leluhur kita pun sering memakai bahan alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Seperti empat tanaman berikut ini yang daunnya kerap dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada bayi berdasarkan pengetahuan turun-temurun.

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Rileks Setelah Melalui Hari yang Berat

1. Daun Sangket

Para leluhur kita telah lama menggunakan daun sangket untuk mengobati demam pada anak. Cukup remas daun sangket lalu balurkan pada tubuh anak. Bisa juga dicampur dengan minyak kayu putih untuk memberikan sensasi hangat.

5 Makanan yang Membantu Menjaga Pria Awet Muda

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Basilicum Polystachyon ini juga dipercaya dapat meredakan kondisi bayi yang sering kagetan. Caranya dengan meremas daun sangket dan bawang merah lalu usapkan ke tubuh bayi.

Meski begitu, secara medis efek terkejut pada bayi merupakan hal baik yang menandakan reflek moro bayi normal. Namun, bunda diharapkan waspada apabila bayi terlalu sering kagetan bisa jadi tanda bahwa buah hati sedang mengalami gangguan kesehatan.

Halaman Selanjutnya
img_title