Selain Batiknya, 5 Kuliner Khas Pekalongan yang Nikmat dan Mengenyangkan

Kuliner Khas Pekalongan
Sumber :
  • google image

Olret – Kota Batik alias Pekalongan memiliki kuliner dengan cita rasa yang khas dan tak ada duanya. Baik wisatawan maupun masyarakat setempat menyukai kuliner yang kaya rasa tersebut.

Hanoi- Tempat Terbaik untuk Pecinta Makanan di Vietnam

Hidangan khas di sini didominasi oleh makanan berkuah rempah dengan bahan dasar daging. Untuk penggemar olahan daging sapi, makanan khas Pekalongan pasti langsung membuat jatuh hati. Jika sudah sampai Pekalongan, jangan lewatkan salah satu atau semua makanan berikut.

1. Nasi Megono

Nasi megono merupakan hidangan legendaris yang telah ada sejak dulu. Menurut cerita setempat, megono ialah makanan yang dipilih sebagai bekal perjalanan jauh bagi prajurit Mataram. Kini, nasi megono tersedia mulai pagi hingga malam di seantero kota.

5 Fakta Chahub Marut Ghoummeddin, Dokter James di Skinship The Series

Bentuk makanan ini sendiri berupa nasi putih dengan sayur olahan nangka muda yang dimasak bersama parutan kelapa, kecombrang, dan bumbu-bumbu. Sebagai pendamping, nasi megono biasanya disajikan bersama lauk ikan teri goreng, sambal terasi, telur balado, atau tempe goreng tepung.

2. Tauto

Perpaduan soto dan tauco menghasilkan kuliner baru yaitu tauto. Dengan tambahan tauco kuah soto menjadi lebih kental dan berwarna merah. Keunikan lain tauto ialah isiannya menggunakan daging kerbau bukan sapi atau ayam seperti soto. Satu porsi tauto biasanya digandengkan dengan nasi hangat atau lontong. Lauk tambahan juga disediakan di meja seperti gorengan tempe dan tahu serta kerupuk aci.

Halaman Selanjutnya
img_title
Resep Ayam Bombay Pedas, Lauk Nikmat Cocok Buat Menu Sahur Puasa