Menggapai Puncak Gunung Pundak, Surga Kecil di Mojokerto

Gunung Pundak
Sumber :
  • instagram

Olret – Berdiri kokoh pada ketinggian 1.585 meter di atas pemukaan laut (mdpl), Gunung Pundak di Dusun Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur relatif terlihat pendek di antara gunung-gunung yang menjulang sekitarnya.

Bertemu Dengan Dewi, Pendaki Wanita Serba Pucat di Gunung Arjuno

Dua di antaranya adalah Gunung Penanggungan (1.653 mdpl) dan Gunung Welirang (3.156 mdpl) di sisi barat dan selatan dilihat dari Puncak Gunung Pundak. Tapi justru disitulah keunggulan Gunung Pundak. Pendaki, dan juga sebagian kita yang bukan pendaki, dapat dengan relatif mudah melakukan pendakian.

Gunung Pundak, dinamai begitu karena cenderung menjadi bagian punggungan atau bahu Gunung Welirang, merupakan bagian kompleks Gunung Api Arjuno Welirang.

5 Destinasi Wisata Alam di Mojokerto, Selandia Barunya Jawa Timur

Rangkaian gunung api berumur kuarter itu terdiri atas Gunung Arjuno, Welirang, Kembar, Bulak, Bakal, dan Pundak. Adapun umur kuarter, berada dalam periode sekitar 2 juta tahun hingga sekitar 11 ribu tahun.

Kebun Teh Gunung Gambir Jember, Keindahal Alam Yang Mempesona di Kaki Gunung Argapuro

Tidak sampai 2 jam waktu dibutuhkan untuk mencapai puncak Gunung Pundak yang tersusun dari batuan lava andesit. Ini dengan asumsi para pendaki tidak mengalami gangguan selama perjalanan menempuh lereng terjal dengan pola alirang cenderung radial, serta kondisi cuaca yang cenderung cerah.

Halaman Selanjutnya
img_title