Sukses Interview Kerja, Inilah 4 Tips Menyampaikan Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri

Jawab interview kerja sesuai pertanyaan
Sumber :
  • freepik.com

Olret –Salah satu alasan perusahaan menerima kamu, tentu karena kelebihan yang kamu miliki. Sehingga mereka tertarik sampai menaruh harapan yang tinggi, pada keberadaanmu di perusahaan nantinya. 

Saat Kamu Menyukai Kelebihan Pasangan, Cintai Pula Kekurangannya

Karena itu, sebelum memulai interview, sangat penting untuk mencari tahu apa saja kelebihan dan skill yang kamu punya, menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan menyampaikannya dengan sangat baik saat interview kerja

Sebab penyampaian yang benar akan semakin meyakinkan mereka dan memperbesar peluang kamu untuk diterima. 

Ini 5 Cara Cari Tahu Kelebihan Diri Sendiri

Tak lupa selain kelebihan, kamu biasanya juga akan diminta menceritakan kekuranganmu. Hal itu akan menjadi pertimbangan perusahaan untuk menilai kamu secara profesional. Jadi baik menyampaikan kekurangan atau kelebihan, sebisa mungkin persiapkan diri dengan baik.

Lebih lanjut, inilah beberapa tips menyampaikan kelebihan dan kekurangan diri sendiri saat wawancara kerja. Pastikan kamu menerapkannya, ya! 

1. Jujur Soal Kelebihan dan Kekuranganmu 

Justru Karena Ketidaksempurnaan Yang Kamu Miliki, Membuat Kamu Sempurna Di Mata Orang Yang Tepat

Salah satu poin penting yang harus dilakukan selama interview yakni dengan jujur tentang kelebihan dan kekurangan diri. Jawaban yang jujur akan mengesankan pewawancara, sedangkan jawaban yang umum, penuh perhitungan, dan berlebihan akan menurunkan respect. 

Pahami dengan baik apa yang menjadi kelebihanmu dan tunjukan bagaimana cara kamu mengontrol kekurangan. 

Misal kelebihanmu adalah kamu mampu fokus dan berkomitmen menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Hanya saja kamu punya kepribadian yang perfeksionis sehingga kurang bisa bekerjasama. Nah, sampaikan solusi yang kamu miliki untuk memaksimalkan kelebihan dan menghindari kekurangan kalau diterima bekerja. 

2. Pikirkan Kualitas Daripada Kuantitas Saat Menyampaikan Kelebihan Dan Kekurangan 

Usahakan jangan bertele-tele saat menyampaikan kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Karena bagaimanapun sesi wawancara punya batas waktu. Saat kamu terlalu banyak bicara, kamu akan kehilangan kesempatan untuk menyampaikan poin-poin yang diinginkan perusahaan.

Karena itu, sebelum melamar bekerja, pastikan kamu sudah tahu, mengenal hingga berpengalaman pada bidang yang ingin dilamar. Sehingga bisa menghindari membicarakan hal-hal di luar konteks. 

3. Pastikan Kamu Tahu Apa Yang Perusahaan Sedang Butuhkan 

Meneruskan poin nomor 2, kamu harus benar-benar memperhatikan apa yang perusahaan butuhkan. Hal ini supaya saat interview, kamu tidak banyak berbicara diluar konteks yang diperlukan. 

Jika kamu sedang menjelaskan mengenai kelebihan diri, pertimbangkan kualitas apa yang perusahaan cari untuk peran yang kamu lamar. Di sisi lain, saat berbicara mengenai kekurangan, jelaskan bahwa kamu menyadari kelemahan tersebut dan telah memiliki cara untuk mengatasinya. Hal ini menunjukkan sikap dewasa dan profesional.  

4. Kenali Beberapa Kelebihan Yang Umumnya Dibutuhkan Perusahaan diluar Skill Utama. 

Setiap bidang yang akan dilamar memang membutuhkan skill yang berbeda. Seperti ketika melamar jadi akuntan, kamu tidak bisa mengandalkan skill sebagai sekretaris. 

Tapi, secara umum ada beberapa kriteria yang diinginkan perusahaan untuk semua karyawannya, seperti Berorientasi pada kekuatan, Fokus, Berkomitmen, Kreatif, Bertekad, Disiplin, Empati, Fleksibel, Jujur dan Inovatif