Brunei Menang Besar di Kualifikasi Piala Asia 2027

Brunei Menang Besar di Kualifikasi Piala Asia 2027
Sumber :
  • afc

Olret – Dalam rangka FIFA Days pada bulan September 2024, babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2027 akan diikuti oleh 6 tim peringkat bawah yang kalah pada Babak Kualifikasi Pertama yaitu Kamboja, Sri Lanka, Makau, Mongolia, Timor Timur, dan Brunei.

Brunei Menang Besar di Kualifikasi Piala Asia 2027, Lampaui Indonesia?

Berdasarkan hasil pasangan tersebut, Kamboja menghadapi Sri Lanka, Timor Timur menghadapi Mongolia, dan Brunei menghadapi Makau. Tim bersaing di leg pertama dan kedua, memilih 3 pemenang untuk melanjutkan ke babak kualifikasi ketiga - babak final dengan partisipasi tim nasional Vietnam.

Asia Tenggara mempunyai 3 wakil, dimana Timor Timur tampil impresif dengan kemenangan 4-1 atas Mongolia, sedangkan Kamboja hanya meraih hasil imbang mengecewakan 0-0 melawan Sri Lanka di leg pertama.

Pada malam tanggal 6 September, Brunei (peringkat 190 dunia) menyambut Makau (peringkat 185) di kandang Hassanal Bolkiah. Dengan dukungan penonton tuan rumah, tim Asia Tenggara memainkan laga apik dan menang meyakinkan 3-0.

Brunei Tersublimasi di Peringkat FIFA, Membuat Seluruh Asia Tenggara Ikut Tersingkir

Gol pembuka Hakeme Yazid Said pada menit ke-32 membuka keunggulan pertandingan sebelum jeda, membantu pemain Brunei bermain lebih percaya diri dan mencetak 2 gol lagi dari Nazry Azaman (menit ke-56) dan Abdul Hariz (menit ke-61), sehingga memastikan kemenangan.

Kemenangan ini memberikan keunggulan bagi Brunei pada laga balasan di Macau Olympic Stadium pada 10 September untuk melaju ke babak kualifikasi final.

3 tim pemenang dalam dua pertandingan tersebut akan melaju ke Babak 3 Kualifikasi Piala Asia 2027 bersama 23 tim lainnya - antara lain Vietnam, Thailand, Malaysia,... Final Piala Asia 2027 akan digelar di Arab Saudi.

Babak Kualifikasi 3 Piala Asia 2027 akan berlangsung untuk mencari 6 tempat terakhir untuk mengikuti putaran final Piala Asia 2027, sedangkan 18 tempat sisanya telah ditentukan sebagai tim yang berhak mengikuti babak Kualifikasi 3 Piala Asia Dunia 2026. Piala - Asia Tenggara Wakil satu-satunya adalah Indonesia.

Pengundian babak 3 Kualifikasi Piala Asia 2027 di Arab Saudi akan dilakukan pada bulan Desember 2024 dan pertandingan akan dimulai pada bulan Maret 2025, hanya 6 tim teratas grup yang berhak masuk ke Babak Final.

Gelandang Timnas Vietnam Mencetak Rekor Usai Kalah dari Thailand