Menulis 135 Lagu, HAN Stray Kids Resmi Menjadi Anggota Termuda KOMCA

Han Stray Kids
Sumber :
  • Soompi

Olret – Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA) adalah kolektif hak cipta nirlaba Korea Selatan untuk karya music. Asosiasi ini mengelola pertunjukan publik dan hak siar serta hak rekaman dan produksi mekanis.

10 Grup K-pop Dengan 3 Anggota Terbaik: VIVIZ, BSS, 3RACHA, dan Banyak Lagi

Pemilik hak cipta dalam sebuah lagu yang meliputi penulis, komposer, arranger, dan penerbit musik dapat bergabung sebagai anggota asosiasi KOMCA. Namun, proses untuk menjadi anggota asosiasi ini terbilang sulit karena tuntutan prasyarat tertentu.

Di antaranya adalah harus menjadi anggota asosiasi selama minimal 3 tahun dan mendapatkan royalti lebih dari 30 juta won. Sehingga, ketatnya prosedur ini membuat hanya sekitar 25 anggota yang bisa naik menjadi anggota penuh setiap tahunnya.

TOMORROW X TOGETHER versus Stray Kids: Siapa yang Paling IT K-Pop?

Namun, meski sulitnya menjadi anggota penuh KOMCA, HAN dari Stray Kids resmi menjadi anggota termuda di asosiasi ini. HAN memang dikenal dengan bakat luar biasanya. Di grupnya, ia pun mendapat promosi bergengsi di awal tahun ini bersama Bang Chan yang juga bisa memproduksi lagu, serta dan Changbin, atau yang dikenal sebagai sebagai sub-unit 3RACHA.

Di usianya yang masih 22 tahun, HAN telah mengumpulkan 135 lagu yang terdaftar atas namanya. Bakatnya dalam menulis, memproduksi, dan bernyanyi, telah diakui dan diapresiasi publik secara positif.

Stray Kids Memenangkan Grup/Duo Terbaik Tahun Ini di People's Choice Awards 2024

Melihat prestasi HAN ini, netizen pun memberikan beragam reaksinya.

“Aku mendengarkan lagu-lagu buatannya dan itu masuk dengan seleraku. Semua lagu yang ditulis oleh HAN adalah seleraku.”

Halaman Selanjutnya
img_title