Denial Syndrome: Kebiasaan Menyangkal Kenyaatan, Dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Mental

Perilaku denial
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Tahukah kamu? Sebenarnya, manusia punya kecenderungan naluriah untuk menyangkal fakta atau kenyataan hidup yang tidak sesuai dengan harapan kita. Dilansir dari @personalitydoc, inilah yang disebut dengan "denial syndrome". Satu bentuk mekanisme pertahanan dan proses bawah sadar untuk melindungi diri.

7 Fakta Bahwa Suami Tidak Tersedia Secara Emosional

Biasanya penderitanya akan menolak untuk mengakui hal-hal yang membuat mereka tidak nyaman atau merasa terancam. Misalnya; penyakit, kecanduan, konflik hubungan, masalah keuangan, dan lain-lain. Nah, denial menjadi cara untuk penderita menghindari dari menghadapi kecemasan, stres konflik emosional yang mungkin terjadi karenanya.

Apakah denial ini buruk?

Prilaku Tanda Depresi

Photo :
  • freepik.com
15 Tanda Suami Tidak Tersedia Secara Emosional

Dalam jangka pendek, denial ini ada manfaatnya. Karena memungkinkan kita memiliki waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan mendadak dalam kenyataan hidup. Sehingga kita bisa menerima, beradaptasi, jadi lebih tenang, dan akhirnya bisa move on.

Tapi kalau dilakukan terus-menerus dalam jangka panjang, denial akan mempengaruhi kesehatan mental kita dan menyebabkan masalah hidup lainnya. Denial membuat kita jadi tidak melakukan perubahan yang seharusnya dilakukan dan mencegah kita mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

Tanda seorang mengalami denial syndrome:

Halaman Selanjutnya
img_title
9 Ciri-Ciri Bahwa Kamu Terkekang Dengan Pasangan, Bikin Tersiksa Seh!