Jangan Dibuang! Ini Nutrisi Biji Pepaya yang Baik Bagi Kesehatan

Nutrisi Biji Pepaya
Sumber :
  • freepik.com

Olret – Anda pasti pernah melihat pepaya, buah tropis yang dijual hampir di setiap supermarket. Meskipun buah jeruk yang berdaging dan versi mentahnya telah digunakan di dapur, bijinya juga patut mendapat pengakuan.

4 Cara Menghasilkan Uang Tambahan Dengan Truk Pikap

Ada banyak manfaat biji pepaya yang belum banyak diketahui orang. Biji bulat kecil dari buah yang luar biasa ini dapat membantu Anda menyusun resep detoks terbaik dan bahkan menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan hati, serta baik untuk kesehatan jantung .

Meskipun manfaatnya tidak ada habisnya, Anda juga harus mewaspadai efek sampingnya. Anda bahkan bisa memanfaatkan bijinya dalam berbagai bentuk sehingga mudah untuk dikonsumsi. Artikel ini membahas tentang nilai gizi biji pepaya, berapa banyak biji pepaya yang harus dikonsumsi per hari, manfaat, dan efek sampingnya.

Nutrisi Biji Pepaya

Kalau Makan Nanas, Apakah Air Maninya Akan Terasa Manis?

Nutrisi Biji Pepaya

Photo :
  • freepik.com

Biji pepaya adalah biji kecil berwarna hitam agar-agar yang ditemukan di tengah buah pepaya matang. Bijinya mempunyai lapisan luar berupa zat seperti jeli. Biji ini memiliki rasa pedas dengan sedikit rasa pahit. Bijinya juga memiliki tekstur yang unik.

Jika Anda ingin mengonsumsi biji pepaya, ada beberapa pilihan. Anda bisa memakannya apa adanya dengan menyendoknya dari buahnya atau memisahkannya dari dagingnya. Anda juga bisa mengunyah dan menelannya utuh. Biji pepaya yang dihaluskan juga bisa dijadikan taburan pada berbagai makanan. Anda mungkin merasakan rasanya yang kuat, jadi mulailah dengan jumlah yang sedikit.

Cara lain mengonsumsi biji pepaya adalah dengan memblendernya menjadi smoothies. Jika Anda lebih menyukai saus, buatlah saus atau saus dengan pasta ini. Menggiling dan mencampurkannya dengan rasa kuat lainnya dapat membantu melunakkan rasa pedasnya sekaligus mendapatkan manfaat dari nilai gizinya.

Dari segi nilai gizi, biji pepaya kaya akan senyawa bermanfaat yang meningkatkan beragam manfaat kesehatan. Salah satu manfaat biji pepaya adalah sebagai sumber lemak sehat yang baik. Biji pepaya juga mengandung serat dan protein.

5 Makanan yang Membantu Menjaga Pria Awet Muda

Komponen mineral dalam jintan hitam kecil ini kaya akan magnesium, fosfor, dan kalium. Mereka juga mengandung antioksidan seperti senyawa fenolik, yang membantu melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan; senyawa ini menunjukkan sifat anti kanker dengan mencegah perkembangan sel kanker. Ia juga kaya akan vitamin C.

Selain itu, biji pepaya mengandung enzim pencernaan seperti papain dan karpain, yang menunjukkan sifat antibakteri, dan asam lemak seperti asam oleat. Mereka juga mengandung nutrisi yang mendukung kesehatan hati dan membantu pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Namun, Anda harus selalu mengonsumsi biji ini dalam jumlah sedang. Meskipun menawarkan manfaat kesehatan potensial, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan.

Halaman Selanjutnya
img_title