5 Cara Mengatur Pekerjaan yang Berantakan, Biar Gak Kesal Terus

Cara Mengatur Pekerjaan
Sumber :
  • unsplash.com/@thoughtcatalog

Olret – Pekerjaan yang terus menumpuk, waktu yang terasa terbuang sia-sia dan tidak adanya kesempatan untuk healing dan refreshing. Nah, pernahkah kamu merasa siklus waktumu sangat berantakan. Banyak pekerjaan yang tertunda dan kamu berakhir dengan menyesali semuanya.

Aku Mencintaimu Sejak Pertama Pesanmu Masuk ke Dalam Ponselku

Padahal kamu sudah berniat dari dalam hati untuk menjadi manusia yang lebih disiplin, kreatif dan produktif sebaik mungkin. Namun, hal itu masih gagal, karena masih sering terlena pada hal yang tidak terlalu penting juga rasa malas.

Nah, mulai lagi benahi diri dan lakukan 5 hal ini agar pekerjaan yang beranatakan lebih tertata dan membuatmu lebih bahagia

1. Membuat jadwal pekerjaan yang prioritas

Jadilah Uswatun Hasanah, Saat Ingin Menasehati, Tanpa Melukai

Sebelum tidur buatlah jadwal apa saja yang akan kamu kerjakan besok hari. Misal mulai bangun tidur apa yang akan kamu lakukan dan aktivitas apa saja yang harus kamu utamakan serta selesaikan

Jika perlu beri jangka waktu, sehingga  kamu bisa memastikan tidak ada pekerjaan yang akan terbengkalai. Semuanya bisa kamu selesaikan dengan baik. Dengan membuat jadwal, setelah bangun tidur. Kamu tidak lagi menanyakan mau apa saja hari ini. Tapi, segera fokus mengerjakan sesuai jadwal yang kamu buat.

2. Membuat suasana yang kondusif

Ternyata Inilah 7 Penyebab Kamu Mudah Tersinggung Atas Omongan/Status Seseorang

Bekerja di kantor dengan bekerja dari rumah pasti memberikan efek dan kinerja yang berbeda. Saat kamu bekerja di kantor, lingkungan kantor mendukung dan membuat suasana bekerja lebih terasa.

Namun, jika kebetulan kamu bekerja dari rumah. Maka tidak ada salahnya kamu membuat ruangan kerja khusus. Seperti menyiapkan meja kerja, charger dan peralatan yang kamu butuhkan. Hindari bekerja sambil rebahan, karena sangat mungkin membuat kamu malas.

3. Menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi

Buang dan singkirkan barang yang tidak dipergunakan lagi di ruang kerjamu. Buat meja kerja dan ruangan kerjamu rapi dan bersih mungkin. Serta barang-barang yang tertata dan tidak berantakan.

Sebab lingkungan kerja yang bersih dan rapi, nyatanya bisa meningkatkan fokus dalam bekerja. Kamu juga lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien.

Dengan membiasakan diri menjadi orang yang bersih dan rapi, maka pikiran pun akan lebih jernih dalam bekerja. Bahkan dalam beberapa penelitian, orang yang bersih dan rapi, biasanya lebih menghargai pekerjaan maupun penghasilannya.

4. Usahakan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan

Sebisa mungkin jangan biarkan konsentrasi teralihkan oleh hal lain saat sedang bekerja. Misal sangat kurangi keinginan buat lihat sosial media atau Youtube saat kamu sedang menyelesaikan satu pekerjaan.

Sesuai dengan jadwal yang telah kamu buat. Selesaikan pekerjaanmu dengan baik. Baru beri waktu untuk healing atau menghibur diri dengan membuka sosial media. Jadikan kebiasaan untuk menyelesaikan semua pekerjaan dahulu, baru bermain - main.

5. Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi

Dalam tubuh yang sehat, juga terdapat pikiran yang fresh dan siap untuk bekerja keras. Jadi pastikan atur jadwal bekerja, hiburan dan istirahat kamu dengan baik. Jangan sampai membiarkan waktu hiburan menguras waktu istirahat.

Selain itu, usahakan untuk disiplin makan makanan yang bergizi dan tidak berlebihan. Percayalah makanan yang bergizi juga akan meningkatkan keefektifan dirimu dalam bekerja.