4 Tips Agar Tidak Mudah Haus Saat Berpuasa

Ilustrasi minum air putih dingin
Sumber :
  • https://www.pexels.com/@karolina-grabowska

Olret – Bulan Ramadhan telah tiba dan menjadi waktu kita untuk melaksanakan ibadah wajib yaitu berpuasa. Pada saat menjalankan ibadah puasa, kita membutuhkan asupan gizi yang tepat dan seimbang mengingat aktivitas makan dan minum yang ditunda sampai maghrib menjemput.

Selain Baju Lebaran, 6 Hadiah Lebaran Ini Bisa Bikin Istri Tambah Sayang

Salah satu hal yang cukup membuat ibadah puasa seseorang sedikit terganggu adalah ketika rasa haus mulai menjemput, bahkan saat puasa belum terhitung setengah hari.

Rasa haus tersebut ditimbulkan dari dehidrasi. Adapun penyebab dehidrasi tersebut adalah kurangnya asupan air atau terlalu berlebihnya asupan makanan berminyak atau berpenyedap. Oleh sebab itu, anda wajib memperhatikan tipe – tipe makanan dan jumlah asupan air saat sahur.

Hidup Tak Selalu Sesuai Keinginan. Tapi, Yang Terbaik, Sudah Allah Rencanakan

Berikut ini adalah hal yang perlu anda lakukan baik saat sudah berbuka ataupun saat sahur agar tidak mudah merasa haus:

1.  Asupan Air Minimal 8 Gelas

Asupan air minimal 8 gelas merupakan anjuran penting yang harus anda penuhi dalam menjalankan kehidupan sehari – hari, baik saat berpuasa maupun tidak. Hal ini disebabkan oleh asupan air 8 gelas atau setara dengan 1 liter adalah batas optimal air yang dibutuhkan oleh tubuh dalam metabolisme.

6 Jenis Jajanan Ini Bisa Kamu Beli Saat Bulan Puasa

Jika tubuh kekurangan asupan air dengan batas optimal, maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang tentunya akan mengganggu aktivitas. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengonsumsi air minimal 8 gelas atau setara 1 liter, dimana 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas lagi pada saat sahur. Sehingga, asupan air anda akan cukup dan tidak memudahkan kemunculan perasaan haus.

Halaman Selanjutnya
img_title